Ini Terobosan Baru Gubri Terkait Karhutla dan Konflik Lahan

Gubri Syamsuar foto bersama dengan tokoh masyarakat Meranti.

RiauKepri.com, MERANTI– Gubernur Riau Drs H Syamsuar M.si, punya terobosan baru agar persoalan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) serta konflik lahan antara warga dengan pihak perusahaan bisa teratasi.

“Kita siapkan program baru yakni, memberdayakan para penyuluh pertanian untuk membina masyarakat tempatan. Kita akan memberdayakan penyuluh di UPT bukan hanya menjaga hutan tapi juga menberdayakan masyarakat dan memfasilitasi kerjasama antara masyarakat dan perusahaan. Hal ini sekaligus untuk memperkecil terjadinya konflik antara perusahaan dan masyarakat yang rentan terjadi,” ucap Syamsuar saat bersilaturahmi dengan masyarakat Kepulauan Meranti, Senin (24/8/2020).

Baca Juga :  Safari Ramadan Gubri di Masjid Nurul Iman, Ada Sesuatu yang Istimewa

Orang nomor 1 di Riau ini juge meminta agar masyarakat Meranti tidak hanya terfokus pada kebun Sagu dan Kelapa tapi lahan Gambut juga dapat dimanfaatkan untuk menanam tanaman yang memiliki nilai ekonomi tinggi seperti Nanas, Kencur, dan lainnya.

“Tentunya dengan gencarnya masyarakat bercocok tanam otomatis akan membuat ekosistem gambut tetap berair dan Karlahut dapat diantisipasi,” ujar Syamsuar.

Pemprov Riau, kata Syamsuar, siap memberikan pengadaan bibit unggul sehingga dapat jarak panen lebih cepat dan hasil produksi meningkat.

Baca Juga :  Anak Yatim dan Kaum Dhuafa Bandar Laksamana Terharu dapat Santunan dari Bupati Amril

Terakhir dalam acara silahturahmi yang berlangsung hangat tersebut, Syamsuar berpesan kepada masyatakat untuk mematuhi protokol kesehatan (pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak). Namun mematuhi protokol kesehatan jangan sampai menghambat aktifitas ekonomi karena roda ekonomi harus terus bergerak agar tetap stabil untuk menjamin masyarakat tidak susah.

“Agar ekonomi stabil usaha mikro harus terus menggeliat, hal ini juga harus dodukung oleh Pemerintan Daerah dengan tetap menjaga kegiatan Pemerintah tetap berjalan,” kata Syamsuar. (*/RK1)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *