Tim Dosen Unilak Motivasi IRT Membuka Usaha Dimasa Corona

RiauKepri.com, PEKANBARU- Sebagai bentuk pengabdian masyarakat dalam melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi, tim dosen PKM Universitas Lancang Kuning (Unilak), Pekanbaru, memberikan motivasi kepada ibu-ibu rumah tangga (IRT) Kelurahan Kedungsari, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru, untuk memanfaatkan pekarangan rumah sebagai peluang usaha dimasa pandemi corona atau Covid-19.

Tim dosen PKM Unilak tersebut diketuai Rita Wiyati, SE, MM, dibantu dua anggota Sri Maryanti, SE, MSi dan Drs. M Thamrin, MM.

Menurut Ketua Tim Dosen PKM Unilak Rita Wiyati, ada beberapa
manfaat yang diperoleh dari pekarangan rumah. Misalnya, dapat menjaga lingkungan rumah menjadi lebih nyaman. Sebab pekarangan rumah seperti halaman, teras atau ruang kosong yang ada, dapat ditanami tubuhan yang bermanfaat dan sehat seperti menanam daun mint. Kegiatan ini dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  Hari Raya Unik di Unilak, Begini Bentuknya

Dijelaskan Rita Wiyati, para IRT Kelurahan Kedungsari ini merupakan mitra dari tim PKM Unilak yang telah lama menjalin kerjasama. Tujuan dari diadakan kegiatan ini untuk membantu ibu-ibu di Kelurahan Kedungsari agar dapat membuka lapangan pekerjaan dengan cara memanfaatkan perkarangan rumah menjadi peluang usaha yaitu, dengan menanam daun mint karena daun mint dapat diolah menjadi produk lain. Seperti, Pudmint atau puding daun mint yang merupakan makanan sehat dan penuh gizi, dan olahan pudmintnya dapat dijual.

“Ada 10 ibu-Ibu yang dilatih dan sebagian besar dari mereka murni ibu rumah tangga,” jelasnya, Ahad 20 September 2020.

Baca Juga :  Bengkalis Kafilah Terbaik IV Pada MTQ Riau ke 37 Tahun 2018

Ditambahkan Rita, semangat berwirausaha pada masa sekarang ini sangatlah dibutuhkan karena lapangan pekerjaan semakin sempit sedangkan para pencari kerja semakin banyak. Akibatnya persaingan dalam dunia kerja sangat ketat.

Disaat situasi pandemi corona atau Covid-19 yang sedang mewabah saat ini, segala lini kehidupan mengalami kelesuan terutama dibidang bisnis atau usaha. Dikarenakan IRT Kelurahan Kedungsari ini sebagian besar suaminya berprofesi sebagai pedagang, maka ada peluang bagi mereka untuk termotivasi dalam berkreativitas. Mereka punya kesempatan membuat suatu usaha, meskipun usahanya hanya kecil-kecilan.

Baca Juga :  Mantap, Gubri Minta Stadion Utama Jadi Salah Satu Tempat Piala Dunia U-20

Disampaikan Rita bahwa tujuan dari kegiatan PKM ini ingin membantu para IRT agar dapat berkreatifitas dalam memanfaatkan perkarangan rumah seperti menanami tanaman yang dapat menghasilkan pendapatan.

Rita juga menjelaskan dengan adanya pendampingan dari Tim PKM ini semoga mereka dapat membuat suatu usaha dan tetap semangat dalam berwirausaha. “Kita berharap usaha tersebut dapat menambah penghasilan bagi rumah tangga mereka. Dan semoga para ibu-ibu ini dapat terus berkarya dan tidak berputus asa,” harapnya. (RK7)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *