Tol Permai Diresmikan, Banyak Efek Untung yang Bisa Diraih

Presiden RI Jokowi saat meresmikan Tol Permai secara virtual.

RiauKepri.com, DUMAI- Diresmikannya pemakaian Jalan Tol Pekanbaru-Dumai oleh Presiden RI Joko Widodo, merupakan peradaban baru bagi masyarakat Provinsi Riau. Banyak efek keuntungan yang dapat diraih, terutama terhadap pertumbuhan perekonomian daerah dan secara nasional. Jelas hal ini juga mempercepat mewujudkan transportasi RoRo Dumai-Melaka.

Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar MS.i, mengatakan bahwa Kota Dumai merupakan Pelabuhan Utama Provinsi Riau yang menjadi pintu ekspor dan impor, baik komoditi yang berasal dari Provinsi Riau maupun dari Provinsi tetangga, menuju Selat Malaka, Singapura dan negara lainnya.

Baca Juga :  Unilak Buka Pendaftaran Mahasiswa, Khusus Hafiz Quran Beasiswa Full 4 Tahun

“Pelabuhan Dumai juga dikembangkan sebagai pelabuhan penyeberangan antar negara, yaitu dengan beroperasinya Ro-Ro Dumai-Malaka,” kata Syamsuar saat memberi sambutan pada acara peresmian Tol Pekanbaru -Dumai, Jumat (25/09/2020).

Lanjutnya, yang merupakan sebagai hasil kesepakatan kerjasama Indonesia-Malaysia- Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

“Dengan beroperasinya Jalan Tol Dumai- Pekanbaru ini, maka akan mampu memperlancar akses ke pelabuhan Dumai, yang pastinya akan memperlancar arus ekspor dan impor, sehingga akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah,” ungkap Syamsuar.

Jalan Tol Pekanbaru Dumai juga turut dimanfaatkan bagi pembangunan kepariwisataan di Pulau Rupat yang merupakan pulau terluar serta telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Baca Juga :  Begini Paripurna Jawaban Atas Pandangan Umum Fraksi di Tengah Pandemi

Pulau Rupat tersebut, sambung Syamsuar, ada destinasi wisata pantai pasir yang cukup indah sepanjang 24 kilometer, dan langsung berhadapan dengan selat Malaka.

“Saat ini sudah ada penyeberangan dari Dumai ke Pulau Rupat yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi Riau dan beroperasi setiap harinya,” ujarnya

Syamsuar mengharapkan kiranya Presiden RI berkenan memberikan bantuan untuk pembangunan infrastruktur pulau terluar di Pulau Rupat dan pengembangan kepariwisataannya sehingga menjadi destinasi pariwisata internasional.(*/RK1)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *