Nyat Kadir: Pancasila Menjawab Semua Permasalahan Bangsa

RiauKepri.com, BATAM — Anggota MPR/DPR RI, Datok Drs H Nyat Kadir mengatakan Pancasila dapat menjawab semua permasalahan bangsa dan negara saat ini. Sebab Pancasila hadir sebagai ruang pemersatu segala perbedaan di antara riuh ombak ideologi lain yang selalu ingin mengabaikan pancasila.

“Segala macam perbedaan di masyarakat kalau diuji dan didekatkan dengan nilai-nilai pancasila pasti menjadi solusi atau menjawab semua permasalahan itu,” ujar Ketua Kelompok Komisi VI (Kapoksi) Fraksi Partai NasDem di sela sela sosialisasi empat pilar kebangsaan di Batam, Sabtu (26/9/2020).

Nyat Kadir

Sosialisasi yang dikemas santai dan akrab itu dilakukan secara virtual dan fisik serta tetap mengikuti protokol kesehatan. Peserta tertib menggunakan masker dan terlihat cukup antusias mengikuti sosialisasi empat pilar kebangsaan yakni UUD 45, Pancasila, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Baca Juga :  Tingkatkan PAD, Syamsuar Teken Kerja Sama Penerimaan Pajak Online

Dihadapan peserta Nyat Kadir mengatakan Pancasila itu merupakan pondasi yang kuat untuk membangun bangsa yang perkasa. Sebab Pancasila itu cerminan dari akar budaya bangsa , adat istiadat dan agama yang sudah mengkristal ratusan malah ribuan tahun lamanya di bumi Indonesia.

Bahkan sebelum kemerdekaan, lanjut Nyat Kadir, kita pernah menjadi bangsa yang kuat menguasai wilayah sampai meliputi Malaysia , Singapura , Brunai , Filipina dan lainnya.

“Sejarah berbangsa dan bernegara yang namanya Indonesia ini, telah teruji pula selama 75 tahun kemerdekaan . Alhamdulillah upaya untuk mengkudeta ideologi negara Pancasila menjadi ideologi komunis gagal total pada September 1965,” ujar Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Batam itu.

Baca Juga :  Abdul Haris: Saya Berkomitmen Menjaga Hutan Anambas

Anggota DPR RI dua periode ini kembali mengingatkan bahwa Pancasila adalah hasil dari sebuah konsensus nasional dari keresahan pendiri bangsa guna menjawab apa yang menjadi dasar negara serta arah tujuan keberlangsungan negara agar tentram, akur, damai dan tidak terpecah belah seperti negara lainnya. Sehingga lanjut mantan Walikota Batam ini apapun peristiwa dan fenomena kekinian yang terjadi jika didekatkan dengan nilai-nilai pancasila pasti aman, tenang, damai,” katanya.

Untuk itu Nyat Kadir mengimbau kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat. Apalagi di tengah situasi darurat akibat wabah covid 19.

Baca Juga :  Bupati Bintan Terima Penghargaan Ki Hajar Award 2018

“Di tengah masa sulit ini masyarakat jangan mudah terpancing oleh isu dan provokasi yang tidak jelas. Sebab keadaan ini bukan hanya menjadi tanggung jawab negara melainkan juga tanggung jawab kita bersama.

“Mari kita patuhi anjuran pemerintah untuk menjaga perilaku pola hidup sehat sehingga penyebaran covid 19 bisa kita tekan Tetap jaga kondisi kesehatan, hindari kerumunan, pakai masker jika keluar rumah dan sering cuci tangan pakai sabun atau pakai hand sanitizer,” ujar anggota DPR RI dapil Kepri. (RK3)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *