Peringati Hari Pangan Sedunia, DKP Gelar Lomba Cipta Menu/Festival Pangan Lokal B2SA

Pj. Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis Hj. Herawati saat menyampaikan saat menyampaikan sambutan

RiauKepri.com, BENGKALIS – Penjabat (Pj) Bupati Bengkalis H. Syahrial Abdi dan Pj. Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis Hj. Herawati Syahrial menghadiri serta membuka acara lomba cipta menu/festival pangan lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kabupaten Bengkalis dan lomba olahan pangan lokal berbahan dasar sagu sempena Hari Pangan Sedunia ke-40 yang ditaja Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis, Selasa (13/10/2020), di Balai Kerapatan Wisma Daerah Sri Mahkota Bengkalis.

Dalam sambutannya Herawati mengatakan bahwa lomba cipta menu ini bertujuan untuk mendorong dan meningkatkan daya kreativitas peserta atau masyarakat dan ibu rumah tangga khususnya dalam menyusun serta menciptakan menu yang beragam, bergizi, berimbang dan aman sesuai dengan potensi sumber daya wilayah yaitu dengan memanfaatkan sumber makanan yang ada di sekitarnya atau disebut juga sumberdaya pangan lokal.

Baca Juga :  Ekstasi HR yang Membuat 3 Bocah "Naning" Dibeli di Tempat Hiburan

Kemudian, Syahrial mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya kegiatan lomba cipta menu/festival pangan lokal B2SA Tingkat Kabupaten Bengkalis dan lomba olahan pangan lokal berbahan dasar sagu serta memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada petani/pelaku usaha pangan lokal yang menerima penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara yang ditaja Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis dan Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal oleh Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau.

Pj. Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis Hj. Herawati saat menyampaikan saat menyampaikan sambutan

“Konsumsi pangan berkualitas dapat diwujudkan apabila pola konsumsi makanan sehari-hari dilakukan secara tepat, mengandung zat gizi lengkap sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan jumlah yang berimbang antar kelompok pangan, diharapkan dapat mengatasi permasalahan gizi ganda yaitu kekurangan dan kelebihan gizi terutama dalam meningkatkan imunitas tubuh dalam menghadapi masa pandemi Covid-19 ini,” ujar Abdi.

Selanjutnya Abdi juga berpesan kepada para peserta yang mengikuti lomba agar mengikuti dengan semangat berkompetisi, “Semoga senantiasa menjaga kekompakan dan mengikuti lomba masak sesuai dengan ketentuan panitia pelaksana,” pungkasnya.

Baca Juga :  PT IMT Nara Sumber Pertemuan GOW Dumai, Okto: Perusahaan Satu Hati Bangun Negeri

Tampak hadir Kepala Dinas Pangan dan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau Ir. Syahfalefi, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas di Lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Wakil Ketua III TP.PKK Bengkalis H. Akna Juita, Para Camat se-Kabupaten Bengkalis dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Se-Kabupaten Bengkalis.

Ini Pemenang Lomba Cipta Menu/Festival Pangan Lokal B2SA

Penjabat (Pj) Bupati Bengkalis H. Syahrial Abdi dan Pj. Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis Hj. Herawati Syahrial menyerahkan secara langsung hadiah kepada para pemenang lomba cipta menu/festival pangan lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Kabupaten Bengkalis dan lomba olahan pangan lokal berbahan dasar sagu sempena Hari Pangan Sedunia ke-40, Selasa (13/10/2020), di Balai Kerapatan Wisma Daerah Sri Mahkota Kabupaten Bengkalis.

Baca Juga :  Yopi Mundur Sebagai Ketua DPD Golkar Inhu, Ini Alasannya
Pj Bupati Bengkalis Syahrial Abdi dan Pj Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Herawati foto bersama dengan pemenang lomba

Adapun pemenang lomba untuk kategori Launch Box yakni juara I Kecamatan Bandar Laksamana, Juara II Kecamatan Bukit Batu, dan Juara III Kecamatan Bantan.

Sedangkan untuk kategori pangan lokal bernilai komersil, Juara I Kecamatan Mandau, Juara II Kecamatan Bantan dan Juara III Kecamatan Bandar Laksamana.

Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman lomba untuk kategori olahan pangan lokal berbahan dasar sagu dengan Juara I dari Kecamatan Mandau, Juara II Mama’s Kitchen dari PPJI, Juara III Kecamatan Rupat, Harapan I Dapur Maisa dan Dapur KS dari Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP), Harapan II dari Ikaboga dan Harapan III dari Kecamatan Bengkalis.(Inf/Win)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *