Selama Pandemi, Begini Cara Mendapatkan Bibit Gratis Dari BPDASHL Indragiri Rokan

Manager Persemaian Permanen Tuah Karya, menyerahkan bibit gratis kepada masyarakat.

RiauKepri.com, PEKANBARU– Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Indragiri Rokan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPDASHL Inrok KLHK), membagikan ratusan ribu bibit gratis untuk masyarakat. Pembagian bibit gratis dilakukan sepanjang tahun dan masih terus berlangsung hingga saat ini.

Kepala BPDASHL Indragiri Rokan Ir.Tri Esti Indrarwati menjelaskan, pihaknya memiliki dua lokasi persemaian permanen. yaitu Persemaian Tuah Karya berlokasi di Jl. Suka Karya (Komplek SMK Kehutanan), Kecamatan Tampan, Kota Pekan Baru dan Persemaian Kepau Jaya berlokasi di Jl. Taman Hati, Kampung Baru, Desa Kepau Jaya, Kec. Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Prov. Riau.

”Produksi bibit persemaian permanen tahun 2020 berjumlah 750.000 bibit, dan jumlah ini terus dibagikan secara gratis kepada masyarakat. Jumlah bibit yang telah didistribusikan 316.738 batang. Ada berbagai jenis diantaranya Gaharu, Mahoni, Trembesi, Matoa, Jengkol, Nangka, Pinang, Sirsak, kelor, kembang semangkok, Cempedak, Rambutan, Petai, dan Durian,” ungkap Esti, Selasa (20/10/2020).

Baca Juga :  Pilkada 2020, DPW PKS Riau Gelar Konsolidasi Pemenangan

Tidak sekedar untuk perbaikan lingkungan, keberadaan unit Persemaian permanen juga membantu perekonomian masyarakat, karena mampu menyerap tenaga kerja yang merupakan warga sekitar. Di lokasi persemaian permanen, pekerja terdiri dari 60 tenaga harian, 10 orang mandor dan dua orang tenaga keamanan.

Selama masa pandemi Covid-19, bagi masyarakat yang berminat dapat memperoleh bibit gratis dengan cara mengirimkan surat permintaan bibit. Surat permohonan berisikan informasi mengenai indetitas pemohon, jenis dan jumlah bibit yang dibutuhkan, lokasi penanaman dengan koordinat, dan nomor handphone pemohon agar dapat dihubungi petugas Persemaian Permanen.

Baca Juga :  Diserahkan Siti Nurbaya, Kasmarni Terima Surat Dukungan Nasdem

”Surat permintaan dikirimkan ke BPDASHL Indragiri Rokan Jalan Bakti No. 28 A, Pekanbaru. Sehubungan dengan adanya pandemi Covid 19 masyarakat diminta tidak langsung datang ke lokasi persemaian untuk menghindari terjadinya kerumunan. Program bibit gratis Persemaian Permanen masih berjalan hingga akhir tahun 2020,” ungkap Esti.

Pembagian bibit gratis merupakan bagian dari upaya KLHK mengurangi laju lahan kritis, dengan melaksanakan program rehabilitasi hutan dan lahan. Program tersebut memerlukan bibit berkualitas secara massal, rutin dan berkelanjutan.

Bibit-bibit tersebut disediakan antara lain melalui produksi bibit pada Persemaian Permanen. KLHK sampai dengan tahun 2019, telah membangun persemaian permanen sejumlah 57 unit. Target produksi bibit dari seluruh persemaian permanen mencapai ± 50 juta batang tiap tahunnya yang dibagikan secara gratis kepada masyarakat.

Baca Juga :  Terkait Laporan Penjualan Pupuk, Tim Sentra Gakkumdu Sepakat Tidak Lanjutkan ke Proses Penyidikan

Bibit yang diproduksi persemaian pemanen diharapkan mampu mengurangi laju lahan kritis sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat. Selain untuk memproduksi bibit, persemaian permanen memiliki nilai tambah sebagai sarana pendidikan, penelitian, dan rekreasi.

Produksi bibit dan operasional persemaian permanen merupakan salah satu bentuk fasilitasi pemerintah c.q KLHK dalam membantu menyediakan bibit tanaman hutan bagi masyarakat umum, instansi pemerintah, lembaga pendidikan atau pihak lainnya yang ingin berpartisipasi dalam memperbaiki kualitas lingkungan di sekitar tempat tinggalnya.

Bibit-bibit yang disediakan nantinya akan ditanam, baik di areal fasilitas umum dan fasilitas sosial (sekolah, tempat peribadatan, dan lain sebagainya) maupun di lahan-lahan milik masyarakat. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *