Pertamina RU II Sungai Pakning Paparkan Capaian Sinergi Atasi Pandemi kepada Dewan PROPER KLHK

General Manager Pertamina RU II dengan Masyarakat Mitra Binaan CSR

RiauKepri.com, SUNGAIPAKNING – Dalam rangka presentasi kandidat PROPER Emas tahun 2020, Pertamina RU II Sungai Pakning mempresentasikan paparan tentang capaian program penanganan bencana dan pemberdayaan masyarakat berjudul Sinergi Atasi Pandemi kepada Dewan PROPER Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI).

Presentasi tersebut merupakan bagian dari penilaian melebihi ketaatan (beyond compliance) yang dilakukan oleh Pertamina RU II Sungai Pakning.

Presentasi yang dilakukan secara daring tersebut disampaikan oleh Didik Bahagia, General Manager Pertamina RU II Kilang Dumai dan Kilang Sungai Pakning pada Selasa (17/11) di Kantor Induk Pertamina RU II Sungai Pakning kepada Dewan PROPER KLHK yang terdiri dari para ahli di bidang Pengelolaan Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat.

PROPER merupakan Program Penilaian Kinerja Pengelolaan Lingkungan yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Direktorat Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan yang merupakan apresiasi tertinggi bagi perusahaan yang telah melaksanakan kinerja pengelolaan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat yang baik.

Baca Juga :  Selama Bakar Tongkang, Rp67,5 Miliar Uang Berputar di Rohil

Dalam paparannya, Didik menyampaikan program yang telah dilaksanakan Pertamina RU II Sungai Pakning seperti Kampung Gambut Berdikari, Pas Mantap dan Permata Hijau.

“Pertamina RU II Sungai Pakning terus berkomitmen untuk menjalankan program pemberdayaan masyarakat yang sejalan dengan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan sehingga dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat di sekitar wilayah operasional kami” ujar Didik.

Didik juga menambahkan bahwa dalam program Pendidikan, Pertamina telah membuat edukasi interaktif pencegahan COVID-19 dengan nama ASIC (Anak Siaga COVID) yang ditujukan untuk anak usia sekolah dasar dan telah dimainkan secara online oleh lebih dari 1000 anak dari 15 Provinsi se-Indonesia. “Ini menunjukkan inisiatif Pertamina RU II Sungai Pakning dapat dirasakan oleh masyarakat yang lebih luas” pungkas Didik.

Baca Juga :  KPP Pratma Sosialiasi Pekan Panutan Pajak di Siak

Dalam presentasi secara daring tersebut, juga dihadiri oleh perwakilan kelompok masyarakat yang menjadi mitra binaan CSR Pertamina RU II Sungai Pakning di antaranya Koperasi Tani Tunas Makmur yang mengelola kegiatan pertanian nanas gambut di Sungai Pakning, Koperasi Berkah Jaya Bersama yang mengelola kegiatan ekowisata mangrove di Desa Pangkalan Jambi, BUMDES Mekar Jaya yang mengelola unit usaha serai wangi dan produksi Hand Sanitizer di Desa Pakning Asal, Kelompok Madu Biene yang mengelola budidaya lebah madu ramah lingkungan di Desa Tanjung Leban, Simpatisan Pendonor Darah (SIMPENDA) yang mengelola relawan pendonor darah di Gerbang Laksamana dan beberapa kelompok lain.

Abditiansyah, Lurah Sungai Pakning yang ikut serta dalam acara tersebut juga menyampaikan bahwa kinerja pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Pertamina RU II Sungai Pakning sangat didukung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis.

Baca Juga :  Kerjasama Indonesia-Korea Sektor LHK Akan Libatkan Unilak Riau

Hal itu dibuktikan dengan adanya keterlibatan Pemerintah Daerah baik itu melalui Dinas terkait maupun Pemerintah Desa yang turut berkontribusi dalam pembangunan kawasan yang menjadi binaan perusahaan.

Dewan PROPER dalam sesi diskusinya memuji program-program yang telah dilaksanakan Pertamina RU II Sungai Pakning sebagai wujud aksi nyata perusahaan dalam menangani pandemi COVID-19. “Program yang telah dipaparkan sangat bagus untuk membantu masyarakat” ujar Djismun Kasri, salah satu Dewan PROPER yang memberikan tanggapan atas paparan program dari Pertamina RU II Sungai Pakning. Program-program tersebut oleh Dewan PROPER dianggap telah berhasil mengatasi pandemi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.(RK4/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *