PT Pelindo Dumai Kucurkan Pinjaman Rp 792 Juta Bagi 16 Mira Binaan

Jonedi Ramli: Membantu Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Tampak GM PT Pelindo 1 Cabang Dumai Jonedi Ramli SE saat menyerahkan bantuan modal usaha kepada Mitra Binaan perusahaan.

RiauKepri.com, DUMAI – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 1  Cabang Dumai  kembali menyalurkan bantuan Program Bina Lingkungan (PNL) kepada masyarakat Dumai

Kali ini, perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu menyerahkan kepada 16 Mitra Binaan dengan jumlah bantuan sebanyak Rp 792 juta.

Penyerahan bantuan tersebut merupakan suatu bentuk tanggungjawab dalam menjalankan program yang menjadi komitmen PT Pelindo I Cabang Dumai untuk membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya di sekitar wilayah kerja perusahaan.

General Manager(GM) PT.Pelindo 1 Dumai Jonedi Ramli SE menjelaskan penyerahan dana kemitraan bina lingkungan tersebut merupakan tahap II dan III tahun 2020

Bantuan diserahkan setelah melalui proses seleksi super ketat, dan diharapkan dapat membantu meningkatkan usaha mitra binaan perusahaan.

“Pinjaman lunak ini sebagai bukti kepedulian PT Pelindo untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di sekitat perusahaan. Saya berharap agar pinjaman yang diberikan dapat membantu usaha mitra binaan ,” kata Jonedi Rami.

Baca Juga :  Zulkifli AS Berharap Syamsuar Hibahkan Pengelolaan BLK di Dumai

Dijelaskannya, bahwa suntikan modal pinjaman lunak tersebut diberikan kepada pelaku usaha yang menekuni berbagai bidang, baik industri, perdagangan, pertanian, pertanian, peternakan, perkebunan, jasa, dan lainnya.

Dalam program kemitraan PT Pelindo memberikan bunga cukup ringan. Oleh karena itu, kepada mitra binaan penerima pinjaman lunak diharapkan dapat membayar angsuran dengan tertib sehingga manfaat program tersebut dapat dirasakan oleh mitra binaan lainnya.

“Harapan kita perkembangan usaha mitra binaan menjadi lebih baik dan cicilannya lancar supaya dapat dirasakan bersama, berjalan terus dan juga dirasakan oleh yang lainnya,” ujarnya.

Seperti diketahui PT Pelindo I Cabang Dumai memiliki tanggung jawab besar serta kepedulian sosial dan lingkungan melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

Hal tersebut sejalan dengan Permen-05/MBU/2007 tentang Program Kemitraan Badan Usaha Milik Negara dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan.

Berpegang pada instruksi pemerintah melalui Kementerian BUMN untuk melaksanakan Program Kemitraan itu, PT Pelindo I Cabang Dumai turut andil dalam mengembangkan perekonomian masyarakat.

Baca Juga :  Usai Cekcok Sama Istri, Suami di Inhu Ini Tewas Gantung Diri

Hal tersebut dibuktikan ketika PT Pelindo 1 (Persero) Cabang Dumai menyalurkan KBL sebesar Rp 792 juta kepada 16 mitra binaan di Dumai.

Modal usaha yang diberikan, harap Jonedi Ramli hendaknya dapat bernilai tambah bagi mitra binaan dan dalam pengembaliannya tidak macet, sehingga dapat  disalurkan kepada pelaku usaha lain yang juga membutuhkan modal usaha.

Salah seorang pedagang penerima pinjaman lunak dan mitra binaan lanjutan berharap agar ke depan Pelindo 1 Cabang Dumai dapat memberi bantuan yang lebih besar lagi.

Dia berharap kepada rekannya sesama mitra binaan, agar dapat menjaga nama baik dengan cara mengembalikan pinjaman tepat waktu sehingga program tersebut dapat dirasakan oleh mitra binaan lainnya.

“Pertama kami mengucapkan terimakasih kepada Pelindo Dumai yang sudah peduli dan mendukung usaha kami. Mudah-mudahan pinjaman dana lunak ini bisa meningkatkan usaha mitra binaan menjadi tumbuh kembang,” kata Evi seorang pedagang yang mengaku sudah menjadi mitra binaan PT Pelindo Dumai sejak lama.

Baca Juga :  Selama 20 Tahun Terbengkalai, di "Tangan" Bupati Amril Pelebaran Jalan Jenderal Sudirman Duri Rampung

Sebagai data diperoleh, pinjaman lunak yang diberikan paling rendah Rp 30 juta hingga Rp 75 juta. Bagi masyarakat yang berminat untuk memperoleh dana program kemitraan dan menjadi mitra binaan PT Pelindo I Cabang Dumai dapat mengajukan proposal permohonan dengan syarat sebagai berikut:

Data pribadi sesuai KTP, Data Usaha (bentuk usaha, alamat usaha, mulai mendirikan usaha, jumlah tenaga kerja, dsb);

Data Keuangan meliputi Laporan Keuangan/Catatan Keuangan 3 bulan terakhir.

Rencana penggunaan dana pinjaman, melampirkan fotokopi KTP suami/istri atau identitas lainnya seperti fotokopi Kartu Keluarga, pas foto ukuran 3×4, Ijin Usaha/Surat Keterangan Usaha dari pihak yang berwenang.

Kemudian gambar atau denah lokasi usaha, fotokopi rekening Bank atau Buku Tabungan, Laporan Keuangan Sederhana, surat pernyataan tidak sedang mendapatkan pinjaman Kemitraan dari BUMN lain. (rls/RK13)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *