Mantap, Belum Dibuka Karya Seni PaKar 1.2 DKR Sudah Terjual

Lukisan yang terjual sebelum PaKar 1.2 DKR dibuka.

RiauKepri.com, PEKANBARU– PaKar (Pajang Karya) DKR 1.2 mulai dibuka Selasa malam (30/3/2021), pada pukul 20.00 WIB di Gedung Dewan Kesenian Riau. PaKar 1.2 dibuka gubernur Riau yang diwakilkan kepada Kadis Pariwisata dan Ekraf Provinsi Riau Roni Rakhmat

“Alhamdulillah, pada PaKar 1.2 ini karya Mixed-media yang berjudul “Teka-teki” dari Romi Suharsa telah terjual sebelum acara dibuka. Hal ini mengulang kesuksesan PaKar 1.1 terdahulu, dimana saat itu terjual 4 karya. Hal ini merupakan peningkatan yang luar biasa bagus,” ujar Fachrozi Amri sebagai Art Director

Kali kedua Komite Seni Rupa Dewan Kesenian Riau menaja Pameran Karya Seni Rupa diawal tahun 2021. Tetap mengusung tajuk “Marwah dan Identitas” yang menghadirkan 9 Seniman Undangan dan 1 Seniman Submission. 8 Seniman berasal dari Pekanbaru, dan 2 orang dari Kuansing. Karya terdiri dari 1 karya 3 dimensi dan 13 karya 2 dimensi Seni Visual. Bisa dikatakan PaKar 1.2 kali ini mulai mewakili Seniman Riau. Semoga di PaKar selanjutnya bisa menghadirkan seniman Riau dari seluruh penjuru Provinsi.

Baca Juga :  Besok, Gubri dan Wagubri Salat Eid di Masjid An-nur

Proses persiapan memakan waktu sekitar 1 bulan, dimulai dari penjaringan seniman undangan dan seniman submission. Setelah mendapatkan nama-nama seniman, Komite Seni Rupa melaksanan Proses Kurasi Karya, Studio Visit dan Display karya sesuai dengan standard pameran yang layak.

Apresiasi layak dialamatkan kepada Chevron sebagai sponsor acara ini, serta pendukung acara dari jajaran kuliner andalan Riau antara lain Makacha Bakery, Leton Coffee dan d’Mama Corner Sayid Navisha, PT Arara Abadi.

Dalam sambutan Ketua Umum DKR Taufik Hidayat alias Atan Lasak mengatakan, PaKar vol 1.2 agak beda. “Kami tidak hanya memajangkan hasil karya senirupa dari seniman di Riau tapi juga coba berinovasi dengan memajang produk-produk fungsional berbasis ekonomi kreatif yang bisa dibeli langsung oleh pengunjung,” kata Atan Lasak.

Baca Juga :  Pejabat Disdik Tandatangani PK, PI dan Netralitas ASN dalam Pilkada

Pada PaKar DKR 1.2 ini, sambung Atan Lasak, DKR ingin mempertegas fungsinya sebagai rumah besar bagi seniman. Selain itu, program PaKar yang disusun ini juga merupakan upaya kami membantu seniman, khususnya senirupa, yang terdampat akibat pandemi Covid-19.

“Harapan kami, ke depan DKR tidak menjadi rumah besar seniman dalam memancing kreatifitas untuk menjulang seni budaya Melayu, tapi juga menjadi “bandar” dalam memasarkan karya yang dihasilkan seniman,” harap Atan Lasak.

Saat membuka PaKar senirupa DKR 1.2,
Roni mengatakan, dimasa serba sulit akibat Covid-19 pada saat ini, DKR terus berkreatifitas. “Salud kami karena banyak kegiatan positif yang dilakukan DKR, termasuk malam ini,” kata Roni.

Baca Juga :  Mahasiswa Unilak Kembali Toreh Prestasi

Insya Allah, sambung Roni, ke depan dia berharap semua pihak bisa bersama-sama berkerja sama membuat pameran ini lebih besar lagi, dan tentunya hal ini lebih menguntungkan seniman dan pemerintah. (RK1)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *