Kesara FIB Unilak Gandeng PT Chevron Luncurkan Album

Pj Sekda Prov Riau, Masrul Kasmi, menerima cendramata album dari anggota Kesara

RiauKepri.com, PEKANBARU – Sempena menandai karya kreatifnya, kelompok Kesara melaksanakan peluncuran album video musikalisasi puisi yang diberi tajuk “Sehidang Nandung Berkisah”. Peluncuran album yang digawangi oleh mahasiswa-mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning (FIB Unilak) ini dilaksanakan di Sultan Resto, Jalan Ronggowarsito Pekanbaru, Selasa (15/6/2021) dengan tetap menaati protokol kesehatan. Turut hadir memberi sambutan dan meresmikan peluncuran, Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Drs. H. Masrul Kasmi, M.Si.

Dalam sambutan, Masrul mengungkapkan kebanggaannya dengan kreativitas mahasiswa-mahasiswi FIB Unilak yang masih sudi memilih kesenian lokal sebagai pilihan berkreativitas. Disebut olehnya, di masa modernisasi yang semakin pesat ini, pengaruh budaya luar sangat mengincar muda-mudi. Keberadaan kelompok Kesara membuktikan, bahwa budaya lokal bukanlah momok yang kuno dan tertinggal. Namun mampu menjadi kreativitas modern dengan bungkusan kekinian.

“Lokalitas seperti ini harus dikembangkan sebagai identitas diri di bumi Melayu Riau,” ungkapnya bangga.

Masrul menambahkan, kepada intansi-intansi terkait di Riau dapat memberikan ruang-ruang kreativitas kepada muda-mudi yang mengembangkan budaya lokal. Tak terkecuali kelompok Kesara FIB Unilak ini.

Baca Juga :  Menjulang Pantun di FSIGB

“Mohon Pak Kadis dapat melibatkan Kesara pada acara-acara pemerintahan seperti pada pelaksanaan Milad Riau. Karena kreativitas budaya lokal seperti ini harus kita dukung,” ucapnya di depan majelis yang turut dihadiri kepala dinas di lingkungan Pemprov Riau.

Sementara itu sebagai tuan rumah kelompok Kesara bernaung, Dekan FIB Unilak, M. Kafrawi, S.S., M.Sn mengatakan, bahwa Kesara merupakan ruang kreativitas mahasiswa-mahasiswi FIB Unilak. Ruang-ruang pengembangan diri di bidang budaya menjadi salah satu keunggulan dari FIB Unilak. Penempaan mahasiswa di FIB Unilak tidak hanya di ruang kelas dan organisasi, namun juga ruang-ruang kreativitas.

“Ini dilakukan sesuai dengan sejarah awal pendirian FIB Unilak dari orang tua-tua kita dahulu. Bahwa kehadiran FIB Unilak diharapkan menjadi tonggak anak muda mencintai kebudayaan dan kesenian di Riau,” ucap Dekan yang juga merupakan seniman Riau ini.

Baca Juga :  Hari Ini, FIB Unilak Lepas 50 Mahasiswanya

Di pihak Universitas yang disampaikan oleh Rektor Unilak, Dr. Junaidi, S.S., M.Hum menyampaikan tahniah dan turut bangga dengan peluncuran album Kesara. Kreativitas Kesara yang berani menunjukkan karyanya di ruang publik menandakan bahwa mahasiswa-mahasiswi FIB Unilak mampu bertarung di ruang publik.

“Kesara memberikan tanda bahwa mahasiwa Unilak adalah mahasiswa yang aktif dan kreatif. Teruslah mengolah budaya dan kesenian Melayu,” ucap Rektor.

Rektor juga mengucapkan ribuan terima kasih kepada pihak PT Chevron Pacific Indonesia (PT. CPI) yang turut menyokong dan mendanai pembuatan album musikalisasi puisi “Sehidang Nandung Berkisah” dari kelompok Kesara FIB Unilak.

“Terima kasih kepada PT Chevron Pacific Indonesia yang telah mendukung pembuatan album ini,” ucap Rektor.

Sementara dari pihak PT CPI yang diwakili oleh Manager Corporate Affairs Asset South, Wan Dedi Yudhistira dalam sambutannya menyampaikan turut bangga dengan kelompok Kesara FIB Unilak. Kreativitas muda-mudi yang sudi mengembangkan kesenian Melayu turut menjadi perhatian dan dukungan dari pihak PT CPI.

Baca Juga :  MENJADI SIAPA JADI

“Chevron tentunya selalu mendukung kreativitas di bidang kebudayaan Melayu di Riau. Ini salah satu komitmen kami yang telah puluhan tahun bernangung di negeri Lancang Kuning ini. Kami melihat kreativitas kelompok Kesara ini layak untuk didukung,” ucapnya.

Turut hadir pada acara tersebut, WR III Bidang Kemahasiswaan Unilak, Kepala Dinas Kebayaan Provinsi Riau, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, perwakilan Polda Riau, perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Riau, perwakilan Dispora, Ketua Yayasan Universitas Pasirpangaraian, Ketua Umum Dewan Kesenian Riau, dosen FIB Unilak dan perwakilan organisasi mahasiswa Unilak.

Peluncuran album musikalisasi puisi “Sehidang Nandung Berkisah” dari Kesara ditandai dengan scaning sidik jari oleh Pj. Sekda Riau, Drs. Masrul Kasmi, M.Si. Dalam kesempatan itu pula Kapolda Riau, Irjen. Pol Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K memberikan bantuan dana kepada Kesara yang diserahkan melalui Kabag Ops Ditlantas Polda Riau, AKBP Sri Rahayu, S.H. (RK7)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *