Kebakaran Tanki PT SDO di Dumai, Renggut 2 Korban Jiwa

Kebakaran Tanki Bio Diesel PT SDO di Lubukgaung.

RiauKepri.com, DUMAI- Kebakaran tanki timbun CPO tterjadi di PT. Sari Dumai Oleo (SDO) Lubukgaung, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai. Insident yang terjadi Rabu malam (16/6/2021) sekitar pukul 21.00 WIB, dilaporkan merenggut 2 korban jiwa

Humas PT SDO Lubukgaung Kamero Bangun membenarkan kejadian tersebut. Kata dia, insiden kebakaran terjadi di Tanki Bio Diesel milik PT Sari Dumai Oleo (SDO)

Dia mengungkapkan, penyebab kebakaran masih dalam penanganan instansi yang berwenang

“Kami harap dukungan dari rekan-rekan jurnalis untuk bisa turut membantu dengan memberikan informasi yang bisa mendukung kelancaran jalannya proses pemadaman di lokasi pabrik kami,” pungkasnya.

Informasi yang diperoleh RiauKepri.com
Terbakarnya 1 (satu) unit Tanki timbun Fatty Matter (hasil akhir Biodisel yang mengandung Gas metanol dan Gas Methane yang mudah terbakar) di PT. SDO.

Baca Juga :  Satu Tersangka Melarikan Diri, BC Dumai Amankan 32 Kilogram Sabu

Kejadian Rabu tanggal 17 Juni 2021 pukul 19.30 wib di PT. SDO (Sari Dumai Oleo) di Jl Kelapa RT 17 Kel. Lubuk Gaung Kec. Sungai Sembilan Kota Dumai.

Sumber ledakan yang belum di ketahui. Ledakan mengakibatkan api menyala besar dan menimbulkan asap hitam pekat.

Upaya Pemadaman yang di lakukan :
1. 1 unit Damkar milik PT. ESM.
2. Pemko Dumai (BPBD) :
– 3 unit fire truk
– 1 unit fire suplay
– 1 unit fire jeep komando
3. 1 unit Damkar milik PT. Pertamina Dumai. Kerugian Materil belum dapat di taksir.

Dalam pemeriksaan awal telah ditemukan korban meninggal dunia (MD) yakni;

1). Zainal Abidinlaki-laki,56 tahun,Buruh Harian Lepas, mengalami luka bakar lebih kurang 90%

2). Kuntana, laki-laki, 32 Tahun, islam, kontraktor CV. PTT mengalami luka bakar lebih kurang 60%.

Baca Juga :  Positif Covid-19 di Dumai Tambah Jadi 16

Menurut saksi karyawan Apical Tukiman, pada saat kejadian saksi dan beberapa rekan kerja berada di sekitar lokasi tangki sedang istirahat dan mendengar suara ledakan pada bagian atas tangki yang di sertakan semburan api dan asap pekat warna hitam. Selanjutnya lari meninggalkan lokasi.

Pada saat kejadian di sekitar lokasi tanki yang terbakar adanya beberapa pekerja dari Karyawan Apical tengah beristirahat dan pekerja dari kontraktor yang sedang berada di sekitar tangki yang meledak dan terbakar tersebut.

Sedangkan saksi Warisok (40) karyawan Apical menjelaskan dia sedang berada di sekitar tangki yang meledak terbakar sekira pukul 19.30 wib sedang istirahat bersama rekan kerja dan terdengar suara ledakan keras pada bagian atas tangki dan terlihat api menyala tinggi dan kepulan asap warna hitam selanjutnya saksi melarikan diri meninggalkan lokasi.

Baca Juga :  Tarif Tertinggi Rapid Test di RSUD Dumai Rp 150.000

Kapolres Dumai AKBP Adrian Ananta Yudhistira SIK menjelaskan saat kejadian ledakan ada pekerja lain bertugas di lokasi. Mengetahui itu Kapolres meminta kepada pihak perusahaan agar mengosongkan tangki. Setelah tangki kosong, kemudian dilakukan penyisiran didapati 3 korban dalam keadaan meninggal dunia didasar tangki.

Dan pada Jumat 18 Juni 2021 pukul 00.30 WIB, gabungan tim yg terdiri dari Polres (dipimpin Kapolres Dumai), HSE PT SDO, Medical, RSUD kota telah melaksanakan evakuasi terhadap 3 korban atas nama; Hasan HariLubis, Kiki Candra dan Ahmad Zaini.

Keseluruhan jenazah korban dibawa ke RSUD utk dilakukan opotsi dan mengidentifikasi korban dan penyerahan jenazah kepada keluarga korban. (Rls/ RK13)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *