Herd Immunity untuk Beraktivitas Normal Kembali

* Gubkepri Ansar Hadiri Penyuntikan Vaksin di Tanjunguncang

RiauKepri.com, BATAM- Gubernur H Ansar Ahmad bersyukur kasus harian di Kepri terus menurun dengan angka kesembuhan yang makin banyak. Keberhasilan ini berkat dukungan seluruh komponen masyarakat. Termasuk kerja bersama dan kerja keras DPRD Kepri, TNI, Polri, Kajati Kepri, BIN dan semua pihak.

“Semoga kita bisa beraktivitas normal kembali, namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Gubernur Ansar saat menghadiri Vaksinasi Masyarakat di Fasum Perumahan Permata Laguna, Tanjunguncang, Batam, Jumat (27/8) pagi.

Kerja bersama ini pun, kata Gubernur Ansar tak hanya berdampak pada penurunan kasus harian. Namun juga membuat Kepri berhasil mengejar capaian target vaksinasi. Saat ini Kepri menjadi provinsi di luar Jawa Bali yang paling tinggi capaian vaksinasinya. Nomor tiga setelah Jakarta dan Bali untuk suntikan dosis pertama.

Baca Juga :  Polsek Dabo Singkep Mendata Penjualan Mercon 

Sampai Kamis (26/8) kemarin, untuk usia di atas 18 tahun, sudah sebanyak 1.008.473 orang masyarakat Kepri yang divaksin dosis pertama. Ini sama dengan 73,43 persen dari target sasaran. Untuk suntikan dosis kedua sudah mencapai 29,97 persen atau 411.663 orang.

Sementara, untuk anak-anak usia 12-17, suntikan dosis pertama sudah mencapai 57,01 persen atau 118.395 orang. Sementara untuk dosis kedua  sudah mencapai 17,25 persen atau 35.826 orang.

Menurut Gubernur Ansar, vaksinasi ini penting sekali untuk membentuk herd immunity atau kekebalan komunal. Karena itu, Gubernur Ansar bersama Kapolda Kepri, Danrem 033 WP dan Kajati Kepri menemui Menteri Kesehatan Budi G Sadikin untuk memastikan ketersedia vaksin selalu ada.

Baca Juga :  Daftar di Golkar, Candra Ibrahim Semakin Membuktikan Keseriusan

“Alhamdulillah Pak Menkes menyetujui dan menyampaikan agar kalau vaksin sudah mau habis langsung koordinasi dan akan langsung dikirim,” kata Gubernur Ansar.

Mendapat kepastian itu, Gubernur Ansar menyampaikan pihaknya akan berkoordinasi dengan Forkompinda untuk penyelenggaraan vaksinasi massal seperti awal Juli lalu. Hal ini agar sasaran vaksinasi 100 persen sesuai target tercapai.

Menurut Gubernur Ansar, percepatan pembentukan kekebalan komunal ini juga dalam rangka memulihkan ekonomi. Langkah-langkah pemulihan ekonomi juga terus digesa Gubernur Ansar.

Pekan lalu, misalnya, Pemprov Kepri dan Bank Riau Kepri yang akan memberi bantuan modal UMKM dengan bunga ditanggung pemerintah. Jadi masyarakat hanya membayar pokoknya saja.

Baca Juga :  Tanjungpinang Terpilih Dalam Gerakan 100 Smart City 2019 Di Indonesia

“semoga program tersebut bisa segera mungkin dijalankan agar perekonomian bisa segera meggeliat lagi,” kata Gubernur Ansar.

Dalam kegiatan penyuntikan vaksin di Tanjunguncang itu tampak hadir  anggota DPRD kepri Irwansyah, Kepala Dinas Kesehatan M Bisri, Plt Karo Humas Protokol dan Penghubung Hasan, Staf khusus Gubernur Safarudin Aluan dan Angelinus.(RK/R)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *