Kwarran Binawidya Laksanakan Kegiatan Kursus Orientasi Manajemen Kwartir, Gladian Pimpinan Satuan dan Pelatihan Unit Pramuka Peduli

Ketua Kwarcab Kota Pekanbaru yang diwakili oleh Ketua Harian Toni Werdiansyah menyerahkan Tunggul latihan kepada Pemimpin Kursus pada kegiatan kepramukaan di Kwarran Binawidya pada Rabu, 1/9/2021 di aula Kantor Camat Binawidya

RiauKepri.com, Pekanbaru – Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kecamatan Binawidya melaksanakan kegiatan kursus/pelatihan dalam rangka meningkatkan kemampuan anggota Gerakan Pramuka dalam mengelola organisasi Gerakan Pramuka di Kecamatan Binawidya. Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dan setiap peserta, panitia dan pelatih di SWAB anti gen oleh Rumah Sakit Madani sebelum kegiatan dimulai.

Ketua Kwarran Binawidya Irwan Yuliadi menyampaikan “ada 3 (tiga) kegiatan yang dilaksanakan yakni Kursus Orientasi Manajemen Kwartir pada tanggal 1 September 2021, Gladian Pimpinan Satuan dan Pelatihan Unit Pramuka Peduli tanggal 2 September 2021” kata Irwan.

“Kegiatan Kursus Orientasi diikuti oleh Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Binawidya, Pengurus Kwarran, Lembaga Pemeriksa Keuangan dan Pembina Pramuka yang ada di Kecamatan Binawidya, sedangkan kegiatan Gladian Pimpinan Satuan diikuti oleh Pengurus Dewan Kerja Ranting (DKR) Binawidya, Pemimpin/Wakil Pemimpin Sangga, Pramuka Penegak dan Pandega dari Gudep yang berpangkalan di SMA sederajat dan perguruan tinggi, dan kegiatan Pelatihan unit Pramuka Peduli diikuti oleh Pengurus Kwarran, para Pembina Pramuka dan Pramuka Penegak dan Pandega yang ada di Kecamatan Binawidya,” jelas Irwan

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Camat Binawidya selaku Ketua Mabiran yang telah mensupport pelaksanaan kegiatan dengan semaksimal mungkin, kepada Kwartir Cabang Kota Pekanbaru yang telah membantu memfasilitasi pembiayaan kegiatan kepramukaan di Kecamatan, membantu Tim Pelatih/instruktur dan kepada seluruh Panitia yang telah bertungkus lumus mempersiapkan kegiatan ini dalam waktu yang singkat,” tambahnya.

“Saya memohon dan mengharapkan dukungan dan kerjasama semua pihak agar tujuan Gerakan Pramuka dalam membentuk karakter generasi muda khususnya di wilayah Kecamatan Binawidya dapat tercapai dengan maksimal,” pungkasnya.

Baca Juga :  Gubernur Riau Terpilih Dukung Penuh Keberadaan KIP Riau

“Mabiran sudah memberikan dukungan, tentu dari Gudep-gudep yang berpangkalan di sekolah dan perguruan tinggi serta Dinas Pendidikan juga harus memberikan dukungan,” tambahnya.

“Camat selaku Ketua Mabiran sudah memberikan dukungan yang sangat maksimal tidak lagi 100 % tetapi sudah 1000 %, begitu juga dengan Lurah-lurah yang ada di Kecamatan Binawidya selaku Anggota Mabiran,” tegasnya.

Camat Binawidya selaku Ketua Mabiran Edi Suherman dalam sambutannya menyampaikan selamat dan sukses atas penyelenggaraan kegiatan ini.

“Kegiatan ini agar diikuti dengan sebaik-baiknya karena sangat penting, di dalamnya ada membahas tentang manajemen, bagaimana mengelola organisasi dengan baik sehingga tujuan organisasi dapat tercapai secara maksimal,” kata Edi.

“Kami bersama Kwarran Binawidya telah melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya membantu kegiatan vaksinasi melalui bus keliling, bakti masyarakat, pembagian paket sembako untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 dan kegiatan lainnya,” tambahnya.

“Kami dari Mabiran Binawidya akan terus memberikan bimbingan dan bantuan baik moril, material dan finansial kepada Kwarran Binawidya dalam rangka melaksanakan pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka di Kecamatan Binawidya” pungkasnya.
Sementara Ketua Kwarcab Kota Pekanbaru yang diwakili oleh Ketua Harian Toni Werdiansyah dalam sambutannya menyampaikan bahwa adanya Gerakan Pramuka diperkuat dengan Undang-Undang RI nomor 12 tahun 2010, dimana sebelumnya Gerakan Pramuka didirikan berdasarkan Keputusan Presiden RI nomor 238 tahun 1961.

“Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 63 tahun 2014, pendidikan kepramukaan telah ditetapkan sebagai ekstra kurikuler wajib pada pendidikan dasar dan menengah,” kata Toni.

Baca Juga :  Jalan Sudirman dan HR Subrantas Ditutup, Ini Jalan Alternatifnya

“Di masa pandemi ini, kegiatan ekstra kurikuler kepramukaan terhenti sementara, namun Gerakan Pramuka terus bergerak dalam membantu pemerintah mencegah penularan Covid-19,” tambahnya.

“Ada tiga pembinaan yang dilaksanakan di dalam pendidikan kepramukaan yakni bina diri, bina satuan dan bina masyarakat,” katanya

“Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kwarran Binawidya merupakan peningkatan kualitas diri melalui bina diri sehingga nantinya di satuan masing-masing bisa diterapkan ilmu yang telah diperoleh,” tambahnya.

“Untuk Pramuka Peduli banyak potensi yang dilibatkan dalam aksi kegiatan di lapangan dalam rangka meningkatkan pengabdian kepada masyarakat,” jelasnya.

“Melalui anggaran tahun 2021, Pemerintah Kota Pekanbaru telah menganggarkan kegiatan kepramukaan di Kecamatan dan mari kita bersemangat melaksanakan kegiatan ini, memberi semangat kepada Gudep dan target kita, Kwarcab Kota Pekanbaru dapat meraih Kwarcab tergiat I tingkat Provinsi Riau di tahun 2024 nanti,” pungkas Toni.

“Saya berpesan laksanakan kegiatan dengan sebaik-baiknya, Gerakan Pramuka harus terus bergerak, mengabdi sesuai khittah dan berbakti tanpa henti,” tambahnya.

Kepala Dinas Pendidikan yang diwakili Kabid SD Yurdani dalam sambutannya menyampaikan dukungan Dinas Pendidikan terkait kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan oleh Kwarran Binawidya.

“Mohon informasikan kepada kami kegiatan yang akan dilaksanakan dan kami akan mendukung” katanya.
“Mudah-mudahan pembelajaran tatap muka di sekolah segera bisa dilaksanakan setelah PPKM dan kegiatan kepramukaan di sekolah dapat dijalankan,” tambahnya.

Baca Juga :  Gubri Minta Inventarisir Lahan yang Terbakar, Ini Tujuannya

Pada acara pembukaan, dilaksanakan penganugerahan tanda penghargaan Gerakan Pramuka kepada anggota dewasa Gerakan Pramuka, diantaranya Wakil Rektor II Universitas Riau selaku Wakil Ketua Mabigus Prof. Dr. Sujianto mendapatkan Lencana Darma Bakti, Ketua Gudep 08-001 Universitas Riau Dahliyusmanto mendapatkan Lencana Karya Bakti, Ketua Satgas Pramuka Peduli Kwarcab Kota Pekanbaru mendapatkan Lencana Karya Bakti, Lurah Tobek Godang selaku Anggota Mabiran Yasir Arafat mendapatkan Lencana Pancawarsa II, Andalan Ranting Binawidya Hendra Azmi mendapatkan Lencana Pancawarsa II, dan Bendahara Kwarran Binawidya Jannati Sulaiman bersama Pembina Satuan Pandega Gudep 08-001 Universitas Riau mendapatkan Lencana Pancawarsa I.
Selain itu juga dilaksanakan acara penyerahan hadiah lomba Hari Pramuka ke-60 yang ditaja oleh Dewan Kerja Ranting Binawidya, diantaranya lomba video pendek, poster dan foto unik.

Adapun pemenangnya sebagai berikut juara 1 lomba video pendek diraih oleh Muhammad Alfriansyah dari SMK Kansai, juara II diraih oleh Rosmita Sari dari MA Darul Hikmah, juara 3 diraih oleh Selvia Dwi Vevi dari Universitas Riau.

Untuk lomba poster tentang Covid-19, juara 1 diraih oleh Fitria Rahmah diraih oleh MA Darul Hikmah, juara II diarih oleh Ainur Rahma dari Universitas Riau, dan juara 3 diraih oleh Arya Duta Maulana dari SMA Negeri 12 Pekanbaru.

Sedangkan untuk lomba foto unik Hari Pramuka, juara 1 diraih oleh M. Rido Pramudia dari SMK Taruna Satria, juara 2 diraih oleh Try Nanda dari MA Darul Hikmah dan juara 3 diraih oleh Melati dari Universitas Riau.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *