UPZ Unilak Salurkan Beasiswa dan Wirausaha Muda

Rektor Unilak ketika menyerahkan zakat pendidikan.

RiauKepri.com, PEKANBARU– Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Universitas Lancang Kuning (Unilak), menyalurkan zakat kepada 10 mustahik (penerima zakat) yang berhak menerima.

Dana bersumber dari zakat yang dikeluarkan para pegawai dan dosen di Universitas Lancang Kuning, sedang 10 mustahik yaitu lima orang mahasiswa. Zakat dalam bentuk beasiswa pendidikan bagi yang kurang mampu, dua orang mahasiswa yang memiliki wirausaha dan dalam proses berkembang dan satu warga Rumbai yang bergerak dalam bidang usaha ternak puyuh dan keripik daun singkong.

Menurut Ketua UPZ Unilak Firmansyah. S. Pdi, yang ditemui usai salat Jumat di Masjid Al Fatah Unilak, (3/09/2021), jumlah mustahik terdiri dari orang 10 terbagi untuk lima program. Yaitu Lima orang untuk program Unilak cerdas, dua orang mahasiswa untuk program UMKM, dua orang lagi untuk program enterpreneur kemahasiswaan. Masing masing mustahik mendapatkan Rp 2 juta. Dan satu bantuan program dakwah untuk satu mahasiswi mendapatkan Rp 1 juta.

Baca Juga :  Pjs Bupati Inhil Hadiri Upacara Penutupan TMMD di Keritang

Ditambahkannya, potensi pertumbuhan zakat di Unilak cukup besar, dosen dan karyawan yang telah berzakat (muzaki) masih 63 orang. Diyakini kedepannya bertambah, semakin bertambah muzaki maka semakin banyak penerima zakat untuk disalurkan.

“Zakat yang dikumpulkan ini dua setengah persen dari penghasilan. Semoga dana ini bermanfaat bagi penerima dan mampu membantu pengembangan usaha serta mendapatkan keberkahan,” kata Firmansyah.

Sementara itu Rektor Unilak Dr. Junaidi menyebutkan, UPZ di Unilak didirikan karena zakat adalah perintah agama, dan potensi di Unilak, serta keinginan dosen dan pegawai untuk berzakat banyak.

Baca Juga :  Riau Jadi Tuan Rumah Hari Waisak Nasional

“Di awal-awal berdiri banyak masukan, agar Unilak memiliki UPZ dan akhirnya berdiri, ini juga sejalan dengan 7 nilai Unilak satu diantaranya religius. Kami yakin dosen dan pegawai akan semakin banyak berzakat. Sehingga pemanfaatannya semakin banyak yang disalurkan dan penerima,” kata Junaidi.

“Saya mengapresiasi UPZ Unilak yang telah menyalurkan zakat, saya mendorong pegawai dan dosen untuk berzakat di UPZ Unilak,” sambung Junaidi.

Pelaksanaan penyaluran zakat telah dilakukan seminggu lalu, Fauzan warga Umban Sari salah satu penerima program enterpreneur, yang memiliki usaha telur puyuh dan kolam ikan lele merasa senang dan terbantu untuk pengembangan usaha.

Baca Juga :  Kemari Dilantik, Tekadnya Memperjuang Nasib Anak Melayu

“Terima kasih kepada UPZ Unilak. Saya ada satu kolam dengan lima keramba dan untuk puyuh baru setahun memulai, ini akan digunakan untuk pengembangan. Semoga UPZ Unilak semakin berkembang dan semakin berkah,” katanya. (RK7)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *