Mantap, Pemdes Sukajadi Tingkatkan Perhatian pada Sektor Pertanian

Pemdes Sukajadi tingkatkan perhatian pada sektor pertanian untuk ekonomi warga

RiauKepri.com, BUKITBATU – Sektor pertanian merupakan satu diantara potensi unggulan yang memberi kontribusi paling besar terhadap perekonomian warga masyarakat Desa Sukajadi, Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis.

Masyarakat Desa Sukajadi yang tergabung ke dalam kelompok tani desa memanfaatkan lahan-lahan yang luas untuk ditanami berbagai jenis varian tanaman, seperti sayur-sayuran, palawija, cabe, jahe merah dan berbagai jenis lainnya. Oleh karena itu setiap tahun Pemerintah Desa Sukajadi selalu menganggarkan alokasi dana untuk peningkatan sarana dan sarana pertanian.

Melalui peran pemerintah desa, banyak sekali pelatihan-pelatihan yang bertujuan memberikan tambahan pengetahuan dan pemahaman kepada warga yang mayoritas tergabung kedalam kelompok tani desa bagaimana teknik dan proses penanaman yang benar, hingga seperti apa klasifikasi dari tanaman tersebut yang akan membantu produktivitas hasil tanam.

Baca Juga :  MTQ Ke-45 Tingkat Kabupaten Bengkalis Resmi Ditutup

Izhar Sapawi selaku Kepala Desa Sukajadi sangat komitmen mendukung upaya para kelompok tani desa maupun kelompok masyarakat lainnya yang berkomitmen dalam mendukung program-program pemerintah desa. Untuk itulah segala kebutuhan yang diperlukan mereka sebisa mungkin akan diupayakan realisasinya oleh Pemerintah Desa Sukajadi.

Potensi desa meliputi sumber-sumber alam dan sumber manusia yang tersimpan dan sudah terwujud di pedesaan, yang diharapkan pemanfaatannya bagi kelangsungan dan perkembangan desa.

“Alhamdulillah di desa kami setiap harinya dimanfaatkan oleh mayoritas masyarakat, ada yang bertani, berkebun, dan lain-lain. Kami selaku pemerintah desa selalu mengawasi, memantau, mengarahkan dan memberikan bantuan yang dibutuhkan warga desa untuk menggarap segala potensi yang ada di desa ini sehingga menjadi andalan dan kebanggaan bersama,” ujar Izhar, Senin (20/9/2021).

Baca Juga :  Bupati Amril Ajak MES Kabupaten Bengkalis Bersinergi dengan Pemerintah

Sejak tahun lalu pemerintah desa melalui peran aktif pemberdayaan masyarakat, selain seringnya melakukan berbagai pelatihan maupun bantuan-bantuan seperti keperluan bertani.

“Pemerintah Desa Sukajadi sudah melakukan kerjasama dengan masyarakat dan kelompok tani, untuk bersama-sama melakukan pengembangan dari sektor pertanian, mudah – mudahan desa kami ke depannya bisa menjadi swasembada pangan, yang tentunya diharapkan mampu mengangkat taraf ekonomi masyarakat,” tutur Izhar. (RK4)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *