Hendra Jaya, Kader Terbaik Nasdem Tak Berjarak dengan Rakyat

TANJUNGPINANG — Merupakan kader terbaik Partai NasDem dari daerah pemilihan Tanjungpinang Timur, Hendra Jaya berhasil meraih suara tertinggi 1.379 pada Pemilu 2019 lalu. Diamanahkan menjabat sebagai Wakil Ketua II DPRD Kota Tanjungpinang, sikap dan sifatnya tak berubah. Ia dipilih menjadi unsur pimpinan berdasarkan track record serta hasil uji kelayakan dan kepatutan internal Partai NasDem. Selalu mengutamakan kepentingan rakyat. Tak berjarak dan selalu hadir disaat dibutuhkan.

Pada 2014, Hendra sempat mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dari PBB. Namun nasib belum berpihak padanya meski perolehan suaranya sangat signifikan. Tak terpilih bukannya patah semangat. Dia terus berbuat sesuai kapasitasnya sehingga berbuah manis pada pemilihan legislatif 2019 bersama Partai Nasdem.

Partai NasDem merupakan partai peraih suara tertinggi ketiga pada Pileg 2019 setelah Golkar dan PDI Perjuangan. Atas penunjukan dirinya sebagai salah satu unsur pimpinan, Hendra Jaya menyampaikan terimakasih kepada Partai NasDem dan bertekad menjalankan amanah yang diberikan untuk mengawal pemerintahan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Sebagai unsur pimpinan, Hendra Jaya mengaku siap berkoordinasi dan menjalin komunikasi politik dengan lintaspartai yang ada di DPRD Kota Tanjungpinang.

“InsyaAllah saya akan menjalankan amanah ini sebaik-baiknya. Saya juga akan terus berkoordinasi dengan sesama unsur pimpinan dalam setiap rapat-rapat untuk mengawal kepentingan masyarakat Kota Tanjungpinang,” ujarnya.

Berikut beberapa catatan yang dikutip sebagai gambaran kiprah Hendra Jaya selama menjalani amanah sebagai wakil rakyat;

  • Perjuangkan Program Pendidikan dan Kesehatan

Untuk mengantisipasi kisruh PPDB agar tidak terus berulang, Wakil Ketua II DPRD Kota Tanjungpinang, Hendra Jaya terus memperjuangkan program di bidang pendidikan. Menurutnya, penambahan pembangunan gedung sekolah baru merupakan salah satu solusi untuk mengurangi kerisauan orang tua murid pada saat ajaran baru.

Apalagi kata Hendra, angka partisipasi sekolah atau jumlah penduduk Kota Tanjungpinang semakin bertambah, sehingga perlu sarana dan prasarana pendukung untuk mengantisipasi tahun ajaran baru. Setidaknya, lanjut Hendra, diperlukan dua unit sekolah untuk masing masing tingkat sekolah (SD dan SMP).

Baca Juga :  Arif Yakin Lulus 100 Persen

“Jadi untuk mengatasi itu, membangun sekolah. Sedikitnya dua setiap kecamatan di Tanjungpinang, bila memungkinkan anggaran,” sebutnya.

Bahkan kata dia, Tanjungpinang yang notabene ibukota Provinsi Kepulauan Riau mestinya harus memiliki kelebihan ataupun keunggulan dibandingkan daerah kabupaten/kota lain yang ada di Kepri.

Selain bidang pendidikan, Hendra Jaya juga akan memprioritaskan bidang kesehatan. Pelayanan kesehatan kepada masyarakat, sebut Hendra, merupakan hal yang utama sehingga perlu disupport melalui penganggaran yang memadai.

  • Mendorong Perempuan Berpolitik

Di Partai Nasdem, Hendra merupakan Wakil Ketua Bidang Pengkaderan. Dia kerap mendorong perempuan untuk terjun dan aktif dalam dunia politik dengan meminta perempuan yang ada di Tanjungpinang masuk di Partai Nasdem untuk berkontribusi secara masimal.

“Partai Nasdem membuka kesempatan sebesar-besarnya kepada perempuan untuk berperan aktif. Biasanya kalau kuota dari UU 30 persen, kita lebih lagi. Karena partai ini adalah partai yang terbuka dan mengajak lapisan untuk sama–sama membangun,” ujarnya.

  • Peduli Keluhan Warga

Wakil Ketua II DPRD Kota Tanjungpinang, Hendra Jaya meminta Pemerintah Kota Tanjungpinang agar selektif mendata warga yang belum terakomodir pelayanan dan bantuan sosial. Pasalnya, hingga saat ini masih banyak warga yang seharusnya layak menerima bantuan sosial tersebut namun belum masuk sebagai data penerima.

Tak jarang Hendra turun langsung bertemu warga hanya untuk memastikan kebenaran informasi tentang adanya warga yang misalnya belum mengenyam dunia pendidikan. Juga terkait keluhan fasilitas umum, Hendra benar-benar menggunakan kekuasaannya melayani warga.

Baca Juga :  Wagubkepri Marlin Serahkan 1.500 Paket ke Santri

Ketika melakukan reses, sejumlah warga mengeluhkan minimnya sarana penerangan lampu jalan di wilayah Kecamatan Tanjungpinang Timur. Hendra langsung tanggap dan menginventarisir satu persatu masalah yang ia terima.

“Kebutuhan warga terkait adanya sarana pengamanan, kesehatan, pemberdayaan kesejahteraan masyarakat, dan infrastruktur juga tak luput disampaikan. Permintaan poskamling, alat posyandu, binaan UKM, semenisasi jalan,” katanya.

Warga tampak gembira saat melihat pengerjaan semenisasi jalan di lingkungan Kampung Sidomukti, RT 005 RW 008, Kelurahan Pinang Kencana, Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Rasa senang dan bahagia itu diketahui lantaran jalan yang selama ini dilalui dan diinginkan warga baru bisa terwujud tahun ini. Hal itu disampaikan Burman, salah satu warga setempat. “Kami sudah lama mendambakan semenisasi jalan di kampung ini. Alhamdulillah berkat Bapak Hendra Jaya yang menampung aspirasi kami bisa terwujud jalan semen ini,” tutur warga RT 5 RW 8 ini.

Hal senada juga diucapkan Kholik. Mewakili warga, dirinya mengucapkan terimakasih atas perjuangan Hendra Jaya yang memikirkan kebutuhan warga. Menurutnya, ucapan itu tidak berlebihan karena sebagai wakil rakyat, Hendra Jaya sengat peduli dengan persoalan warga.

Bahkan tidak hanya semenisasi, lanjut warga, pemasangan lampu jalan dan pembangunan Surau Nurul Fath juga menjadi perhatian Hendra Jaya.

“Terimakasih banyak atas perjuangan Pak Hendra Jaya sehingga aspirasi kami selama ini yang belum terwujud bisa direalisasikan oleh beliau ketika duduk menjadi anggota dewan. Sekarang kampung juga terang benderang berkat lampu jalan yang diperjuangkan oleh Pak Hendra Jaya. Surau yang sedang kami bangun juga beliau bantu baik dengan dana pribadi serta aktif mencari sumbangan dari pihak lain supaya bisa cepat selesai,” ucapnya.

Baca Juga :  Gubernur Minta Dukungan Masyarakat

Hendra Jaya mengatakan, apa yang telah ia perjuangkan untuk warga merupakan wujud janjinya kepada masyarakat. Bahkan aspirasi atau keluhan warga itu, kata Hendra, sudah ia dengar sebelum menjabat anggota dewan.

“Alhamdulillah ketika rezeki saya bisa menjadi wakil rakyat makanya saya berusaha memperjuangkan aspirasi-aspirasi yang masuk meski secara bertahap,” ungkap Hendra.

Hendra berharap, semoga apa yang telah diperjuangkan kepada masyarakat bisa dinikmati sebaik-baiknya, dijaga dan dirawat bersama supaya bisa bermanfaat dalam jangka waktu lama. Bahkan ia juga mengatakan akan berupaya semaksimal mungkin untuk memperjuangkan apa yang menjadi skala prioritas kebutuhan warga.

“Mohon dukungannya aga kami bisa memperjuangkan kebutuhan warga. Kalau ada keluhan supaya disampaikan untuk selanjutnya kami usulkan ke pemerintah Kota Tanjungpinang,” tutupnya.

  • Menjunjung Adat Budaya

Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Tanjungpinang memberikan penganugerahan pentabalan kehormatan adat kepada Hendra Jaya sebagai Wakil Ketua DPRD Tanjungpinang dengan gelar Timbalan Dato’ Sri Setia Mufakat. Menerima gelar itu, Hendra mengaku bangga dan terharu.

“Saya sangat haru sekali saat acara petambalan gelar adat yang diberikan LAM Tanjungpinang kepada unsur pimpinan DPRD Kota Tanjungpinang,” ujarnya.

Ia berharap, dengan diberikannya gelar kehormatan oleh LAM Tanjunpinang, pihaknya dapat menjalankan amanah dan menjunjung tinggi nilai nilai khazanah budaya dan adat Melayu serta kearifan lokal yang ada.

“Semoga kedepan saya dan unsur pimpinan lainnya dapat menjalankan amanah yang diberikan. Kita harus bisa menjunjungi tinggi adat Melayu dan mufakat untuk kemajuan Kota Tanjungpinang,” tukasnya.(RK)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.