Delapan Mabisaka Tingkat Daerah Riau Dilantik, Ketua Kwarnas Harapkan Saka Harus Terus Dikembangkan

Wakil Gubernur Riau H. Edy Natar Nasution selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Riau menyaksikan Penandatanganan berita acara pelantikan.

RiauKepri.com, PEKANBARU – Wakil Gubernur Riau H. Edy Natar Nasution selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Riau melantik 8 (delapan) Majelis Pembimbing Satuan Karya Pramuka (Mabisaka) Tingkat Daerah Riau pada Jum’at (26/11/2021) malam bertempat di Balai Serindit Gedung Daerah Riau.

Kedelapan Mabisaka terebut adalah Saka Bhayangkara, Dirgantara, Wira Kartika, Bahari, Widya Budaya Bakti, Bakti Husada, Wanabakti dan Kalpataru.

Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka yang diwakili oleh Wakil Ketua/Ketua Komisi Kehumasan dan Informatika Berthold DH Sinaulan dalam sambutannya yang disampaikan secara virtual menyampaikan keberadaan Satuan Karya (SAKA) dalam Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendukung Kwartir merupakan bagian penting yang terdapat di Kwartir.

Baca Juga :  Zul Ikram: Isentif Guru BMR SMA/SMK Dapat Diambil Dari Bosda

“Saka harus terus ditumbuhkembangkan sebagai sarana bagi peserta didik kita khususnya Pramuka Penegak dan Pandega dalam pembinaan peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang tertentu serta melakukan kegiatan nyata sebagai pengabdian kepada masyarakat. Kakak-kakak yang menjadi Mabisaka diharapkan mampu memberikan arahan dan bimbingan baik secara materi maupun moril agar Saka yang ada lebih berkembang dan bermanfaat nyata,” kata Berthold

Berthold percaya bahwa akak-kakak yang dilantik sebagai Mabisaka akan bersedia dan berupaya semaksimal mungkin membantu perkembangan kegiatan kesakaan. “Apalagi tahun depan yaitu tahun 2022 ada sejumlah kegiatan Saka penting di tingkat Nasional diantaranya Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara (Pertikara) tingkat Nasional yang akan diadakan di Sumatera Selatan, dan Perkemahan Antar Saka (Peran Saka) tingkat Nasional di Bangka Belitung” tambahnya.

Baca Juga :  Kabar Baik Lagi, Pasutri di Pelalawan Ini Sembuh Dari Virus Corona

Ketua Kwarda Riau HM Azaly Djohan mengucapkan selamat kepada pengurus yang telah dilantik dan meng harapkankan dapat membantu Gerakan Pramuka sesuai tugas dan fungsinya untuk menyalurkan minat dan bakat anak-anak didik baik itu di bidang pertanian, kedirgantaraan, kebhayangkaraan dan bidang-bidang lainnya.

Pelantikan diawali dengan pembacaan surat keputusan ditandai dengan tanya jawab pelantikan, pembacaan tri satya, pembacaan ikrar, penandatangan ikrar dan berita acara pelantikan. Hadir saat pelantikan forum komunikasi pimpinan daerah Provinsi Riau, anggota DPD RI Edwin Pratama Putra, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Zul Ikram, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau Mamun Murod, Anggota Mabida Harian, Pimpinan dan Andalan Kwarda Riau, DKD Riau, peserta KPDK dan undangan lainnya. (IY)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.