Yoserizal Zen Resmi Jadi Ketua ATL Riau

Raja Yoserizal Zain.

RiauKepri.com, PEKANBARU – Raja Yoserizal Zen resmi menduduki jabatan Ketua Asosiasi Tradisi Lisan (ATL) Riau. SK kepengurusan langsung diserahkan oleh Ketua ATL Pusat, Ibu Pudentia MPSS kepada Gubernur Riau dalam rangkaian malam puncak acara Kenduri Pantun yang kegiatannya dipusatkan di Anjung Seni Idrus Tintin Pekanbaru (17/12/2021). Gubri Syamsuar selaku Dewan Pembina ATL Riau kemudian menyerahkan SK pengurus kepada Raja Yoserizal Zen.

Seperti diketahui jabatan ketua ATL Riau sebelumnya adalah DS Al azhar, dan Wakil Ketua I yaitu Raja Yoserizal Zen. Namun karena DS Al azhar pada bulan Oktober yang lalu meninggal dunia, maka atas pertimbangan pengurus pusat dan untuk melanjutkan kerja ATL Riau ke depan, jabatan ini kemudian diserahkan kepada Raja Yoserizal Zen.

Baca Juga :  Menteri LHK Siti Nurbaya Minta Konsolidasi Rimbawan Indonesia

Sebelum penyerahan SK pengurus ATL Riau, Ibu Pudentia MPSS dalam sambutannya menegaskan bahwa peran ATL sangat menentukan dalam mengusung pantun menjadi warisan budaya takbenda dunia. Usaha dan inisiasi yang dilakukan bersama pemerintah Indonesia dan pihak-pihak lainnya sejak tahun 2017 itu berhasil dicapai pada tahun 2020 yang lalu.

‘’Asosiasi Tradisi Lisan adalah NGO pertama di Indonesia yang terakreditasi di UNESCO. Dan baru saja masuk lagi dalam akreditasi yang ketiga setelah menyidangkan gamelan. Jadi ada 12 karya budaya WBTB Indonesia yang sudah menjadi warisan dunia,’’ ungkap Pudentia seraya berharap tanggal 17 Desember ditetapkan oleh pemerintah Indonesia menjadi Hari Pantun Dunia.

Baca Juga :  Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KPD) Kwarda Riau Ditutup, 66 Orang Peserta Dinyatakan Lulus

Diketahui juga, ATL di Indonesia ada di 27 daerah dan tiga perwakilan di luar negeri yaitu di Kelantan – Malaysia, Napoli – Itali dan Leiden – Belanda. Maka peran ATL yang ada di daerah akan semakin menentukan dan menguatkan berbagai upaya pelestarian tradisi lisan khususnya di Provinsi masing-masing dan di Indonesia secara umum.

‘’Masih banyak cita-cita dan keinginan Almarhum Datuk Seri Al azhar dalam kapasitasnya sebagai ketua ATL Riau. Dengan berpulangnya beliau beberapa waktu lalu, tentu kami bertanggung jawab untuk meneruskan apa-apa yang beliau sudah canangkan, khususnya tentang kenduri pantun dan hari pantun dunia di tahun ini,’’ kata Yose menerangkan.

Baca Juga :  Diserahkan Gubri, Bupati Kasmarni Terima Buku Daftar Alokasi TKD Tahun 2024 Sebesar Rp2.73 Triliun

Lebih lanjut dia katakan dengan SK pengurus ATL Riau yang baru saja diberikan ini semakin mempertegas tentang kerja ke depannya. Jabatan ketua yang diamanahkan ini menjadi semangat baru dalam melanjutkan kerja dan cita-cita Almarhum DS Al azhar. (***)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *