IPM Batam Terbaik, Kepri Juara se-Sumatera

RiauKepri.com, BATAM — Capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Batam terbaik se-Kepri, disebut-sebut kurang 10 poin menyamai Singapura. Cuma saja, capaian yang diperoleh daerah lainnya di Kepri masih jomblang ke bawah dibandingkan Batam.

Begitupun, capain IPM Batam yang cukup menggembirakan ini mampu membawa Provinsi Kepri untuk bermukim di papan atas secara nasional atau juara seantero Sumatera dengan angka 75,79. Sedangkan capaian IPM Batam sendiri 81,12 point.

“Tambah 10 jadi 91, (IPM Batam) sudah setara dengan Singapura,” ujar cendekia dan akademisi muda Kepri yang bermustautin di Tanjungpinang, Robby Patria, mengomentari infografis capaian IPM Batam pada sebuah akun group WhatsApp.

Baca Juga :  Semua Fraksi DPRD Batam Apresiasi Capaian Opini WTP
Robby Patria

Data itu diperoleh dari catatan Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021. Di sini juga termuat angka capaian IPM daerah Kepri lainnya, terendah Lingga 65,83, Anambas 69,23, Karimun 71,70, Bintan 74,57, Natuna 73,09, dan Tanjungpinang 78,93.

Robby sependapat, dengan logika sederhana saja tak bisa ditampikkan bahwa Batam cukup berperan mengantarkan Kepri mendapat capaian IPM terbaik se-Sumatera. Begitu juga terhadap capaian di berbagai bidang lainnya dan semua itu tenta saja tidak didapat secara tiba-tiba tetapi perlu diupayakan.

Baca Juga :  Ansar Serahkan Bonus Untuk Atlet dan Pelatih Berprestasi PON XX Papua 2021

Terdapat tiga indikator utama dalam mengukur IPM, yakni kesehatan, tingkat pendidikan, dan indikator ekonomi. Pengukuran ini menggunakan tiga dimensi dasar, terdiri dari demensi lamanya hidup, pengetahuan, dan standar hidup yang layak.

Ketiga unsur tersebut tidak berdiri sendiri, melainkan saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya. Selain juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti ketersediaan kesempatan kerja, yang pada gilirannya ditentukan oleh banyak faktor, terutama pertumbuhan ekonomi, infrastruktur dan kebijakan pemerintah. (RK3)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *