Sosialisasi 4 Pilar, Nyat Kadir Ajak Pelajar Merawat Semangat Kebangsaan

Anggota DPR RI / MPR RI, Drs. H. Nyat Kadir saat melaksanakan sosialisasi empat pilar kebangsaan dengan para pelajar di Kota Batam

RiauKepri.com, BATAM- Anggota MPR/DPR RI Dapil Kepri, Drs H Nyat Kadir mengajak para pelajar menanamkan nilai-nilai dalam empat pilar kebangsaan agar termotivasi untuk merawat semangat kebangsaan. Ajakan itu disampaikan Nyat Kadir dalam sosialisasi 4 Pilar Kebangasaan bersama pelajar SMAN 3, SMAN 20, SMKN 2 dan SMKN 7 di PIH Hotel, Batam (06/08/2022).

Dalam sosialisasi itu, Nyat Kadir menggunakan metode interaktif dengan para siswa dan guru. Nyat Kadir menjelaskan sosialisasi sambil melemparkan pertanyaan kepada para siswa. Metode interaktif itu menarik antusias para peserta.

“Siapa yang bisa menyebutkan sila-sila Pancasila dan Pembukaan UUD 45?” tanya Nyat Kadir. Siswa antusias mengacungkan tangan untuk menjawab pertanyaan itu. Enam siswa tampil dan menyebutkan sila-sila Pancasila dan Pembukaan UUD 45 dengan benar dan sempurna. Nyat Kadir memberikan reward kepada para siswa tersebut. Nyat Kadir memuji kemampuan dan pengetahuan para siswa.

Baca Juga :  Sosialisasi 4 Pilar, Nyat Kadir: Jaga Persatuan

“Bagus, semua dapat menghafal lima sila dalam Pancasila dan Pembukaan UUD 45. Yang terpenting semua bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” ujar politisi Partai Nasdem tersebut.

Bagi Nyat Kadir, sosialisasi empat pilar itu adalah untuk melihat sejauhmana pemahaman para siswa. “Para siswa bisa menjawab pertanyaan. Ini artinya mereka paham Empat Pilar Kebangsaan,” ucapnya.

Mantan Walikota Batam itu mengatakan sosialisasi empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika ini selain agar dapat meningkatkan nasionalisme berbangsa dan bernegara juga mampu menjadi benteng pertahanan bangsa Indonesia dari masuknya paham lain yang dapat merongrong perpecahan diantara anak bangsa.

Baca Juga :  Menteri PU: Kita Sudah Sepakat Dibangun

“Jadi penting sekali para pelajar, generasi muda harus dibekali dengan pemahaman pilar kebangsaan untuk bekal di masa depan” ujarnya.

Empat pilar kebangasaan lanjut Anggota DPR RI dua periode itu adalah kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami seluruh masyarakat. termasuk para pelajar. Selain itu itu juga lanjut Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Batam itu menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat.

Di tempat yang sama, guru SMKN 7, Ririn mengapresiasi atas digelarnya kegiatan ini. Dia bangga anak didiknya mendapat pengetahuan yang sangat penting tersebut.

Baca Juga :  PAD Bertambah, Pembangunan Maksimal

“Saya ucapkan terimaksih kepada Tok Nyat Kadir. Saya turut bangga para siswa-siswi kami mendapatkan pengetahuan yang sangat berharga ini,” tutur Ririn.

Senada dengan itu guru lainnya SMAN 20, Ridwan menyampaikan melalui kegitan ini dia berharap para pelajar selain mendapatkan pengetahuan juga menumbuhkan komitmen secara ideoloagi kebangsaan 4 pilar untuk dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari sehari di tengah masyarakat.(*/RK3)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.