UPZ Karang Taruna Riau Setor Pengumpulan Zakat ke Baznas

Ketua Karang Taruna Riau Andri (baju biru pekat), menyaksikan penyerahan zakat, infaq, dan sedekah dari UPZ Karangan Taruna Provinsi Riau.

RiauKepri.com, PEKANBARU- Uang sebesar Rp 10 juta hasil pengumpulan zakat, infaq, dan sekedah dari UPZ Karang Taruna Riau disetorkan kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau, Senin (19/09/2022).

Ketua Karang Taruna Riau Muhammad Andri ST, kepada wartawan mengatakan, uang tersebut merupakan pengumpulan zakat, infaq, dan sedekah dari kalangan pengurus Karang Taruna Provinsi Riau.

“Alhamdulillah, hari ini kami bisa menyerahan hasil pengumpulan zakat sejak dua bulan belakangan ini dari 8 kabupaten/kota se-Riau sebesar Rp 10 juta kepada Baznas Provinsi Riau,” ucap Andri.

Baca Juga :  Kasus Korupsi UED SP Rp 1,8 Milyar Masuk ke Tahap Penyidikan, Sejumlah Nama Bakal Ditetapkan Sebagai Tersangka

Anak sulung Gubernur Riau Syamsuar itu juga menyebutkan, uang zakat itu terkumpul
setelah berdirinya UPZ Karang Taruna Provinsi Riau, dan Sejak adanya UPZ pengurus Karang Taruna Provinsi Riau terus mengsosialisasikan hal ini.

“Sesuai dengan fungsi UPZ, kami mengoptimalkan tata kelola zakat dalam melayani pembayaran zakat dari muzakki di pengurus Karang Taruna. Kemudian kami distribusikan zakat tersebut kepada mustahiq (penerima zakat), melalui Basnaz Riau. Tentunya sesuai dengan ketentuan syariat Islam,” ungkap Andri.

Andri menilai, pengumpulan zakat, infaq, dan sedekah di kalangan anak milenial di Provinsi Riau ini sangat potensi, dan inilah yang memicu Karang Taruna Provinsi Riau hingga membentuk UPZ.

Baca Juga :  Gelar Salat Eid Terpisah, Zul AS di Pelintung, Eko Suharjo di Jaya Mukti

“Zakat, infaq, dan sedekah merupakan salah satu instrumen dalam ekonomi syariah, sekaligus sebagai sumber dana yang potensial untuk pembangunan ekonomi umat, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi tingkat kemiskinan,” ucap Andri.

Sebagaimana diketehui, di kalangan organisasi pemuda yang ada di Provinsi Riau, baru Karang Taruna Provinsi Riau yang membentuk UPZ. (RK1)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

Close