UTD RSUD Natuna Dapat Tambahan 43 Kantong Darah

Kegiatan donor darah di Lanal Ranai

RiauKepri,NATUNA – Kebutuhan stok darah di RSUD Natuna selalu kurang, untuk memenuhi kebutuhan darah peran serta masyarakat sangat dibutuhkan.

Salah satunya melalui kegiatan Donor Darah, kalinini tim UTD RSUD Natuna turun ke lapangan untuk membantu melaksanakan kegiatan donor darah di Lanal Ranai, Selasa (24/1/2023).

Dalam kegiatan donor darah tersebut Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai menyerahkan 43 kantong darah untuk memenuhi kebutuhan stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Natuna yang sempat kosong tak ada stok darah.

“Dari seluruh peserta donor darah dapat diambil 43 kantong terdiri dari golongan darah A jumlah 8 kantong, golongan darah B jumlah 9 kantong, golongan darah O jumlah 22 kantong dan golongan darah AB jumlah 4 kantong yang semuanya di serahkan ke Unit Transfusi Darah RSUD Natuna,” kata Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Arif Prasetyo I.

Baca Juga :  RSUD Natuna Terima DAK 2023 Sekitar Rp17 Miliar, Direktur: Hasil Lobi Pak Bupati

Ia mengatakan, sumbangan darah tersebut dilakukan bertepatan dengan kegiatan Donor Darah dalam rangka peringatan HUT ke – 77 Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) tahun 2023.

Ia juga mengatakan, kegiatan donor darah tersebut dilaksanakan secara serentak di lingkungan TNI Angkatan Laut di seluruh daerah mulai dari Armada, Lantamal dan Lanal.

“Ini menjadi momen tepat untuk membantu sesama yang membutuhkan dalam masa pemulihan akibat pandemi,” katanya.

Kegiatan tersebut, menurutnya merupakan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali dalam kutipannya “Jaga Soliditas TNI dan perkokoh Sinergitas dengan Polri, Kementerian atau Lembaga dalam pelaksanaan tugas”.

Baca Juga :  Kapolda Kepri Resmikan Rusun, Rudi Apresiasi Andil TNI-Polri dalam Pembangunan

“Kegiatan donor darah diikuti oleh Prajurit Lanal Ranai, Ketua dan Pengurus Jalasenastri Cabang 8 Korcab IV DJA I, Satgas Kompi Komposit Marinir, Denhanud 477 Kopasgat, Kodim 0318/ Natuna, Subdenpom 103, Satpom Lanud RSA, Yon Komposit I / GP, Polsek Bunguran Timur, Basarnas/ Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna serta Tenaga Medis Balai Kesehatan Lanal Ranai dan UTD RSUD Natuna,” katanya.

Sementara itu, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Natuna, Suhelmi membenarkan jika persediaan darah di UTD RSUD Natuna telah kehabisan stok.

Baca Juga :  RSUD Natuna Rawat Apsah Korban Longsor Serasan

“Kita memang telah kehabisan stok sejak kemarin, alhamdulillah dapat bantuan hari ini, kemarin stok untuk darah golongan O pun kita tidak ada lagi, padahal O paling banyak biasanya,” katanya mengungkapkan.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Lanal Ranai beserta jajaran karena telah melaksanakan kegiatan donor darah dan membantu tersedianya darah di UTD RSUD Natuna.

“Terima kasih juga bagi semua yang telah terlibat,” pungkas Ketua PMI. (RK11)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *