Keren, Buku Karya Isteri Gubernur Riau Diluncurkan

Peluncuran buku ikarya steri Gubernur Riau.

RiauKepri.com, PEKANBARU– Buku cerita bergambar buah karya Bunda Literasi Provinsi Riau Hj Misnarni Syamsuar, diluncurkan.

Peluncuran buku berjudul ‘Sita Belajar Menjahit’ dihadiri langsung Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dan para Kepala OPD Pemprov Riau di Ballroom Dang Merdu Lantai IV, Menara Dang Merdu BRK Syariah, Pekanbaru, Rabu (22/02/2023).

Pada kesempatan itu, Hj Misnarni Syamsuar mengatakan, buku ini merupakan suatu cerita tentang bagaimana dia mengajarkan cucunya untuk belajar menjahit.

Dia menambahkan, isi dalam buku tersebut merupakan ringkasan dari tulisannya yang bertujuan untuk membangkitkan minat baca anak-anak.

“Sebenarnya panjang yang saya tulis ini. Jadi kalau menurut saya, cerita saya itu tidak cukup hanya satu buku,” ulasnya.

Misnarni Syamsuar yang juga Ketua TP PKK Provinsi Riau ini menjelaskan, buku ‘Sita Belajar Menjahit’ ditulisnya karena melihat keresahan yang ada pada zaman sekarang.

Baca Juga :  Usai Pemaparan di Thailand, Gubri Syamsuar Langsung Pulang

Menurutnya, saat ini banyak sekali anak-anak muda lebih kecanduan menggunakan gawai ketimbang membaca buku. Sehingga langkahnya tersebut merupakan cara untuk membangkitkan anak-anak agar gemar membaca.

“Jadi kami lihat situasi dan kondisi kehidupan kita saat ini dimana anak-anak muda kita lebih tergantung pada HP, karena semua ada di HP. Saya tergerak untuk membukukan tentang keahlian yang saya punya, untuk dapat bermanfaat bagi anak cucu kita mendatang,” jelasnya.

“Nah ibu-ibu sekalian dengan semua kebiasaan yang kita punya marilah kita kembangkan bakat diri kita, karena itu saya harapkan buku ini bisa jadi model dan contoh serta motivasi diri untuk anak-anak dan cucu kita ke depan,” sambung Misnarni.

Sementara itu, Asisten Managing Director Penerbit Erlangga Fikri Somyadewi menerangkan, pihaknya tergerak menerbitkan tulisan Bunda Literasi Riau ini karena buku cerita anak merupakan wujud dari implementasi gerakan Gemar Membaca bagi anak usia dini serta mendukung gerakan literasi termasuk dari penerbitan buku cerita ini.

Baca Juga :  Waspada! Akun FB Haji Syamsuar Digunakan Oknum untuk Menipu

“Selain itu buku cerita dari Sita Belajar Menjahit yang ditulis oleh ibu Hj misnarni kami terbitkan dengan tujuan untuk mengedukasi anak usia dini bahwa kegiatan belajar menjahit merupakan sebuah keterampilan yang penting untuk dimiliki,” terangnya.

Fikri Somyadewi mengungkapkan, meskipun sekarang ini di tengah derasnya era digital. Buku ini dapat juga menjadikan anak-anak untuk mengenal bagaimana caranya belajar menjahit.

Sebab dari belajar menjahit diharapkan anak dapat melatih kesabaran dan ketekunan serta membangun kreativitas mereka.

“Lebih jauh lagi lewat cerita yang dihadirkan oleh ibu Hj Misnarni, anak diharapkan untuk berlatih koordinasi mata dan tangan, kemudian melatih merencanakan dan mempersiapkan mendorong kreativitas mereka, melatih berhitung, melatih kesabaran dan ketekunan tentunya dengan cara yang mudah dan menyenangkan,” pungkasnya.

Baca Juga :  Ini Tuntutan Jaksa Terhadap 4 Bos Investasi Bodong Fikasa Grup di Pekanbaru

Pada acara ini dilakukan penyerahan sertifikat akreditasi A oleh Gubri Syamsuar untuk perpustakaan se-Provinsi Riau Tahun 2023. Adapun yang menerimanya yaitu :

1 Perpustakaan Soeman HS Provinsi Riau.

2 Perpustakaan Bono SMKN 1 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelawawan.

3 Perpustakaan Pelita SMAN 2 Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi.

4 Perpusatakaan Aksara SMAN 1 Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir.

5 Perpustakaan Digital Tengku Ghazali SMKN 1 Kempas Kabupaten Indragiri Hilir.

6 Perpustakaan Dang Merdu SMAN 1 Gaung Kabupaten Indragiri Hilir.

7 Perpustakaan Tuah Jemala SMAN 2 Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir.

8 Perpustakaan Suntung Ardi SMKN 1 Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir.

9 Perpustakaan Taman Ilmu SDN 008 Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir. (*/RK1)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *