Disnakertrans Natuna Tekankan Tenaga Kerja Lokal, IKJ Rekrut 40 Persen Anak Daerah

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Natuna, Husaini lakukan kunjungan kerja ke lokasi tambang pasir kuarsa di desa Teluk Buton

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Natuna, Husaini lakukan kunjungan kerja ke lokasi tambang pasir kuarsa di desa Teluk Buton

RiauKepri,NATUNA – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Natuna, Husaini lakukan kunjungan kerja ke lokasi tambang pasir kuarsa di desa Teluk Buton, Rabu (3/5/2023).

Di lokasi tambang pasir kuarsa, Husaini dan rombongan diterima oleh Coki pengawas lapangan dari PT Indoprima Karisma Jaya (IKJ) dan memantau beberapa kegiatan di area tambang.

Kepada pihak IKJ, Husaini menekankan beberapa hal, diantaranya terkait tenaga kerja lokal yang harus menjadi prioritas untuk dapat bekerja dalam kegiatan tambang pasir.

“Saat ini, pihak IKJ telah merekrut 40 persen tenaga lokal putra daerah Natuna dari 75 orang yang bekerja di area tambang pasir kuarsa Teluk Buton,” ungkap Husaini.

Baca Juga :  Kuatnya Ikatan Darah Melayu Indonesia dengan Malaysia Harus Terus Terjalin

Husaini menjelaskan, saat ini tenaga kerja lokal masih dalam proses belajar belum ada yang bisa yang sifatnya tehnis. Namun secara berlahan pihak IKJ akan mengajarkan tenaga kerja lokal untuk dapat mengoperasikan beberapa peralatan tambang ke depannya.

Meski demikian, kata Husaini, para tenaga kerja lokal juga mendapatkan gaji sesuai dengan UMK, dan mendapat hak sebagai tenaga kerja sebuah perusahaan.

“Saya juga meminta kepada pihak IKJ untuk segera melaporkan ke Disnakertrans, data dan jumlah para pekerja mereka yang memang sudah didaftarkan ke BPJS baik kesehatan maupun ketenagakerjaan,” ungkapnya.

Baca Juga :  BLK Disnaker Natuna Akan Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi

Saat ini, tambang pasir kuarsa telah beroperasi dan dapat menghasilkan PAD bagi pemerintah kabupaten Natuna. (RK11)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *