Pemko Siap Sukseskan Batam Triathlon 2023

RiauKepri.com, BATAM – Pemerintah Kota (Pemko) Batam siap menyukseskan kegiatan kepariwisataan Batam Triathlon 2023 yang akan digelar pada 19-21 Mei 2023 mendatang. Kegiatan yang berlangsung di wilayah Kawasan Pariwisata Nongsa ini akan diikuti ratusan atlet luar negeri.

“Saya bersama OPD terkait dari Pemko (Pemerintah Kota) Batam siap menyukseskan acara (Batam Triathlon 2023),” ucap Ardi saat memimpin Final Meeting Koordinasi Batam Triathlon 2023 di Nongsa Point Marina & Resort, Rabu (17/5/2023).

Batam Triathlon 2023 ini untuk pertama kalinya digelar di Kota Batam. Dirinya berpesan adanya koordinasi yang baik sehingga kegiatan berskala internasional ini bisa berjalan dengan baik. Rapat ini dihadiri sejumlah OPD di lingkungan Pemerintah Kota Batam, diantaranya Dinas Kebudayaan dan pariwisata Kota Batam, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Batam, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Batam, Dinas Kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja, dan sebagainya. Selain OPD, rapat juga dihadiri Lurah Sambau, Camat Nongsa, Kapolsek Nongsa, Kabagops, Satlantas, dan Intelkam Polresta Barelang, Basarnas serta pelaku pariwisata di kawasan pariwisata Nongsa.

Baca Juga :  Menguat, Peran Oknum Pemprov Kepri dalam Aksi Demo Tolak PSN Rempang

“Kegiatan ini tidak bisa terselenggara tanpa adanya koordinasi yang baik. Ini merupakan pengalaman yanh pertama kali bagi saya, meskipun ada event organizer tetapi supporting yang lain bisa kita bahas, mungkin ada masalah di jalan dan sebagainya,” ujarnya.

Kepala Dispora Kota Batam, Zulkarnain menyambut baik ditunjuknya Batam sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan Batam Triathlon 2023. Ia berharap kegiatan ini melibatkan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) sebagai induk dari cabang olahraga yang dilaksanakan di Batam Triathlon ini.

“Kegiatan ini juga sebaiknya diinfokan ke Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga). Karena kegiatan ini beresiko tinggi, sebaiknya juga diasuransikan. Informasikan juga ke Dinkes (Dinas Kesehatan) dan Kepolisian,” ucapnya.

Baca Juga :  Kartar se-Batam Tolak Kecurangan dan Dugaan Otoriter Ansar

Ia mengajak untuk menyukseskan kegiatan ini dan menunjukkan pada dunia bahwa Batam siap menjadi tuan rumah untuk kegiatan berskala internasional.

Kapolsek Nongsa, Kompol Fian Agung Wibowo, menyampaikan sudah mensurvei rute yang akan dilewati peserta. Ia menyebut ada beberapa titik jalan yang buka tutup. Ia meminta penyelenggara membuat imbauan kepada masyarakat terkait penutupan jalan.

“Jalan tutup total Nongsa Pura ke titik-titik hotel pada hari Sabtu dari 14.00-17.00 dan Minggu 07.00-09.00 atau tutup satu arah ke Nongsa Pura,” ucapnya.

Camat Nongsa, Arfandi menyambut baik kegiatan Batam Triathlon 2023 ini. Fandi mengatakan terpenting flyer dan spanduk imbauan kepada masyarakat serta RT dan RW juga dilibatkan dalam kepanitiaan.

Baca Juga :  Pak Ngah Pencipta Lagu Cindai Meninggal Dunia di Batam

Dalam rapat tersebut, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) bangga atas kegiatan Batam Triathlon 2023. Mereka akan menempatkan timnya bersinergi dengan tim dari Nongsa resort Dalam hal evakuasi apabila peserta ada yang mengalami kecelakaan (accident).

Dinas Perhubungan Kota Batam juga menyatakan kesiapannya memberikan dukungan pengamanan lalu lintas bersama Satlantas Polresta Barelang untuk suksesnya kegiatan Batam Triathlon ini. Selanjutnya Dinas Kesehatan Kota Batam akan menyediakan dua unit mobil ambulance dan delapan petugas dalam kegiatan tersebut demikian juga dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) akan menyiapkan petugasnya jika dibutuhkan.(RK6)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *