Pemkab Natuna Gelar Peringatan Hari Arsip dan Buku Nasional Tahun 2023, Ini Agenda Kegiatannya

Bupati Natuna meninjau fasilitas perpusda

RiauKepri,NATUNA – Peringatan Hari Kearsipan Nasional Ke 53 dan Hari Buku Nasional Tahun 2023, Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Natuna, Jalan Sihotang, Ranai, Selasa, 23 Mei 2023.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Natuna, Erson Gempa Apriandi dalam laporannya menyampaikan ada 7 agenda besar yang akan dilaksakan.

“Pada hari ini akan dicanangkan gerakan sadar nasional tertib arsip, menetapkan hari ini sebagai hari gerakan sadar arsip di Natuna oleh pak Bupati,” ucap Erson.

Erson juga menyampaikan agenda lain adalah peringatan hari buku nasional, pembukaan operasional pojok baja digital, penampilan peserta pidato dalam bahasa inggris, pengumuman pemenang pemustaka terbaik pengunjung perpustakaan terbanyak pada tahun 2022, penandatanganan kerjasama antara Pemkab Natuna dengan TNI AL.

Baca Juga :  Dinas Perikanan Natuna Serahkan Bantuan Untuk Korban Longsor Serasan

“Kita juga akan melaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan dinas organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia gerakan literasi Natuna,” terang Erson.

Bupati Natuna meninjau fasilitas perpusda

Selain itu, dilaksanakan juga launching 2 branding jemput arsip laksamana mendaftar secara online, pengenalan rencana awal desain gedung perpus, berikan penghargaan opd yang telah melakukan pembenahan kerarsipan, penandatangan fata integritas komitmen peningkatan manajemen kearsipan

“Pak Bupati juga akan meresmikan fasilitas tambahan yang dibangun di Perpusda yaitu mushalla, playground, rung baca disabilitas ruang menyusui dan cafe,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Natuna menyampaikan bahwa peran arsip sangat penting bagi sebuah organisasi pemerintahan dari tingkat paling rendah sampai paling tinggi.

Baca Juga :  Memaksimalkan Kinerja, Itulah Harapan Wali Kota Tanjungpinang Kepada Pegawai

Bupati juga mengapresiasi kegiatan pencanangan gerakan nasional sadar arsip, sebagai bentuk komitmen pemerintah memberikan pelayanan lebih baik lagi kepada masyarakat.

“Semua dinas sudah melaksanakan MOU perlu ditindak lanjuti serta perlu implementasi dan praktek dari seluruh OPD,” pintanya.

Berfoto bersama usai melaunching 2 inovasi Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah

Selain itu, untuk mendukung tertibnya arsip pada masing-masing dinas Bupati Natuna juga meminta kepala BP3D untuk menganggarkan pada setiap OPD kegiatan yang berkaitan dengan arsip,” terang Bupati Natuna.

Dalam Bupati juga mengapresiasi kerjasama dengan pihak ke tiga termasuk TNI AL dan AU dalam mendukung kegiatan literasi di Kabupaten Natuna.

Baca Juga :  Plt. Wali Kota Rahma Sampaikan Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2019

“Terimakasih untuk dukungannya, karena masalah kependidikan, peningkatan SDM adalah tugas kita semua,” pungkasnya.

Dalam acara tersebut juga diberikan penghargaan kepada Perangkat Daerah sebagai perangkat daerah yang telah melaksanakan penataan arsip terbaik Deng predikat Baik adalah Dinas Pariwisata, BKPSDM dan Sekretariat DPRD.

Penghargaan juga diberikan kepada pengunjung atau pemustaka teraktif pada jenjang SD/MI SLTP dan SLTA tahun 2022 Yaitu Jasmilanti, Rere Romansyah, dan Ariel Ferdiansyah. ***

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *