Tim Penilai dan Verifikasi Lomba Gudep Ramah Lingkungan 2023 Kwarda Riau Dilepas

Ketua Kwarda Riau Kasiarudin SH menyerahkan dokumen penilaian kepada Ketua Tim Penilai Lomba Gudep Ramah Lingkungan Daerah Riau tahun 2023 dr Febriandi Efda Putra usai melepas Tim di aula Kwarda Riau, Kamis, 27/7/2023.

RiauKepri.com, PEKANBARU – Tim penilai dan verifikasi Lomba Gugusdepan Ramah Lingkungan Daerah Riau resmi dilepas oleh Ketua Kwarda Riau, Kasiarudin SH didampingi Wakil Ketua Bidang Abdimasgana dan Lingkungan Hidup, Ario Wibowo SE di Aula Kwarda Riau Jalan Diponegoro 15, Kamis (27/7/2023). Tim akan melakukan penilaian di sembilan Kwarcab dari 12 kwarcab yang ada di Riau.

Wakil Ketua Bidang Abdimasgana dan Lingkungan Hidup Kwarda Riau, Ario Wibowo dalam sambutannya mengatakan kegiatan Gugusdepan Ramah Lingkungan ini sudah termaktub dalam jadwal kegiatan atau program kegiatan kwartir daerah yang masuk di dalam bidang Abdimasgana LH.

“Alhamdulillah ini kegiatan rutin yang sudah kita laksanakan. InsyaAllah kita adakan setiap tahunnya. Pada tahun ini hanya 9 kwartir cabang dari 12 kwartir cabang yang ada mengikuti kegiatan lomba Gugusdepan Ramah Lingkungan ini,” kata Ario.

Adapun Kwartir Cabang yang tidak mengikuti kegiatan pada tahun ini adalah Kwarcab Kepulauan Meranti, Kwarcab Kampar, dan Kwartir Cabang Kuantan Singingi.

Kendati hanya dikuti sembilan kwarcab, namun kata Ario, kegiatan tetap dilaksanakan. Beda dari tahun kemarin, pada tahun ini sasaran kegiatan ini adalah Gugusdepan yang berpangkalan di Sekolah Dasar.

Baca Juga :  Kapolda: Kita Dukung Keputusan Bawaslu

“Kalau tahun kemarin itu Gugusdepan yang berpangkalan di SMP. Keputusan ini kami ambil berdasarkan hasil Rakor Abdimasgana LH pada awal tahun kemarin,” terangnya.

Ario mengungkapkan bahwa esensi dari pelaksanaan kegiatan ini sebenarnya kita berharap kegiatan ini berjalan berjenjang mulai dari Kwartir Ranting, Kwartir Cabang, sampai ke Kwartir Daerah. “Kita juga berharap Kwarnas juga menggelar kegiatan serupa,” ungkapnya.

Namun demikian sampai saat ini Gugusdepan yang mengikuti kegiatan ini adalah Gugusdepan yang ditunjuk secara langsung.

“Jadi tidak melalui proses penyaringan dari Kwartir Ranting, Kwartir Cabang dan Kwartir Daerah tetapi memang ditunjuk dan dianggap mampu melakukan pembinaan selanjutnya dan diikutkan menjadi peserta lomba Gugusdepan Ramah Lingkungan,” terang Ario.

Ia mengatakan bahwa esensi yang paling penting adalah pihaknya berharap seluruh Gugusdepan yang berpangkalan di Provinsi Riau ini juga berpikir untuk bisa menjadi Gugusdepan Ramah Lingkungan.

Terkait penilaian, kata Ario, tahun ini pihaknya sudah memulai melakukan penilaian mandiri. “Jadi sebelum kita melakukan penilaian di Gugusdepan, Gugusdepan sudah melakukan penilaian mandiri sebelumnya,” ujarnya.

Baca Juga :  Percepat Pertumbuhan Ekonomi, Riau Ajukan Rute Perjalanan LN Dibuka

Ia juga menegaskan bahwa sangat terbuka dan transparan terhadap penilaian-penilaian itu. Pihaknya betul-betul transparan dan memberikan ruang untuk melakukan penilaian mandiri.

“Tim yang turun ini nantinya lebih kepada melakukan verifikasi. Semua penilaian ada indikatornya. Jadi tidak ada yang subjektif dan itu semua kita sudah sosialisasikan ke Kwartir Cabang,” pungkas Ario.

Sementara itu, Ketua Kwarda Riau Kasiarudin menambahkan Gudep Ramah Lingkungan ini esensinya perlu diperkuat. “Mari kakak terus bergerak, terus berjalan,” katanya.

Pada kesempatan pelepasan itu, Kasiarudin minta infrastruktur Gudep perlu menjadi perhatian bersama sehingga ke depan makin baik. “Semoga kegiatan kita ini dapat berjalan dengan baik. Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahiim tim penilai dan rombongan dalam rangka Lomba Gudep Ramah Lingkungan Tahun 2023 Kwartir Daerah Riau dengan ini kita berangkatkan. Kakak jaga kesehatan dan hati-hati diperjalanan,” ujarnya.

Pelepasan Tim ditandai dengan penyerahan dokumen penilaian dari Ketua Kwarda kepada Ketua Tim Penilai dr Febriandi Efda Putra.

Penilaian Lomba Gugusdepan Ramah Lingkungan Tahun 2023 ini dilaksanakan dari Jumat 28 Juli hingga Sabtu 5 Agustus 2023 mendatang. Adapun Gugusdepan yang mengikuti kegiatan lomba ini yakni:
1. Gudep 07.013-07.014 Pangkalan SD 007 Sidomulyo Lirik Indragiri Hulu
2. Gudep 02.103-02.104 Pangkalan SD Negeri 032 Tembilahan Inhil
3. Gudep 02.019-02.020 Pangkalan SD Negeri 010 Bagan Punak Rokan Hilir
4. Gudep 02.023-02.024 Pangkalan SD Negeri 018 Purnama Kota Dumai
5. Gudep 01.065-01.066 Pangkalan SD Negeri 04 Bengkalis
6. Gudep 01.019-01.020 Pangkalan SD Negeri 10 Tumang Siak
7. Gudep 01.059-01.060 Pangkalan SDs Cendana Rumbai Pekanbaru
8. Gudep 04.105-04.106 Pangkalan SDs Global Andalan Pangkalan Kerinci Pelalawan, dan
9.Gudep 11.017-11.018 Pangkalan SDN 009 Tandun Rokan Hulu.

Baca Juga :  Bupati Minta Para Penghulu Selaraskan Penyusunan APBKam Sesuai Arah Kebijakan Nasional

Hadir pada acara pelepasan, Ketua Tim Penilai dr Febriandi Efda Putra, Sekretaris Tim Penilai Mahadi, SSos SH MIKom dengan anggota Yuherlis, Herry Syahrial, Yuliana Effendi, Lukman Hakem, Rasid Ahmad, Ketua Panitia Lomba Ismed Ainuni Sekretaris Ajis Putra dan Bendahara Panitia Elfani Aris. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *