Penabalan Gelar Kepada Syamsuar Dihadiri Dua Gubernur Riau

Kalau Mamak Maju Pilkada Dukung dan Pilih

Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatra Barat, Letkol (Purn) Fauzi Bahar.

RiauKepri.com,┬áSUMBAR– Suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Sumatera Barat (Sumbar), khususnya warga Lubuk Niur, Painan, Kabupaten Pesisir Selatan. Pasalnya, penabalan gelar adat suku Caniago kepada Gubernur Riau Syamsuar sebagai Rajo Nan Sati Alam Batuah, dan isterinya Hj Misnarni sebagai Puti Intan Batuah, dihadiri dua gubernur Riau pada masanya.

“Tentu kita sangat bangga dan sangat merasa tersanjung karena saat ini tiga gubernur Riau datang ke sini. Ada Pak Syamsuar yang masih menjabat gubernur Riau yang ditabalkan gelarnya sebagai Rajo Nan Sati Alam Batuah, dan dihadiri dua gubernur Riau pada masanya yakni, Pak Saleh Djasit dan Pak Wan Abu Bakar,” kata Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatra Barat, Letkol (Purn) Fauzi Bahar, dalam sambutannya, Sabtu, 16 September 2023.

Baca Juga :  2.895 Pekerja Sudah Jalani MCU, 54 Perusahaan Vendor TA Pertamina Terdaftar

Fauzi menyebutkan, bahwa sesungguhnya gelar adat yang diberikan kepada Gubernur Riau Pak Syamsuar dan isterinya, tidak saja diberikan oleh suku Caniago, tapi suku-suku lainnya yang ada di Sumatera Barat ini juga turut mendukungnya.

“Kini Gubernur Riau Pak Syamsuar adalah mamak kita, semoga hal ini semakin mempererat silaturahmi kita,” ungkap Fauzi.

Kalau mamak kita Rajo Nan Sati Alam Batuah, sambung Fauzi, nantinya maju dalam Pilkada di Riau, maka menjadi kewajiban bagi orang Minang yang ada di Riau untuk mendukung dan memilih mamak kita ini.

Baca Juga :  Ikuti Pagelaran Harvesing Gernas BBI dan BBWI Riau 2023, Nasabah BRK Syariah Terima Pembiayaan KUR Rp 100 Juta

“Jadi, untuk apa pilih yang lain karena Pak Syamsuar ini mamak kita Rajo Nan Sati Alam Batuah,” ucap Fauzi dan disambut para undangan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Gubenur Riau Drs. H. Syamsuar M.Si dan isteri Hj Misnarni, ditabalkan gelar adat sang sako masyarakat Minang, Suku Caniago. Nama gelar Gubernur Syamsuar yakni, Rajo Nan Sati Alam Batuah, sedangkan isterinya Hj Misnarni nama gelarnya Puti Intan Batuah. (RK1)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *