Buka KMD Untuk Guru SLB se- Provinsi Riau, Ini Harapan Ka Kwarda Riau

Sambutan Ketua Kwarda Riau Kasiarudin SH sekaligus membuka Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) angkatan I pada kegiatan pengembangan karir pendidik dan tenaga kependidikan pada satuan pendidikan bidang PKPLK Dinas Pendidikan Provinsi Riau di ballroom hotel Furaya Pekanbaru, Kamis malam (21/9/2023).

RiauKepri.com, PEKANBARU – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau Kasiarudin SH membuka secara resmi Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Angkatan I untuk Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) se-Provinsi Riau pada Kamis, 21/9/2023) di ballroom hotel Furaya Pekanbaru.

Kegiatan KMD dilaksanakan oleh bidang pendidikan khusus dan pendidikan layanan khusus (PKPLK) Dinas Pendidikan Provinsi Riau pada kegiatan pengembangan karir pendidik dan tenaga kependidikan pada satuan pendidikan khusus. Kegiatan berlangsung mulai tanggal 21 s.d 27 September 2023 bertempat di Hotel Furaya Pekanbaru dan Bumi Perkemahan Pusdiklatda Riau dengan jumlah peserta 48 orang.

Pembukaan kegiatan ditandai dengan penyerahan Tunggul Latihan dari Ketua Kwarda Kasiarudin kepada Pemimpin Kursus Herry Syahrial dan pemasangan tanda peserta kepada perwakilan peserta.

Baca Juga :  Mantap, Dumai Siap Laksanakan New Normal Life

Ketua Kwarda dalam sambutannya menyampaikan sebagai calon tenaga pendidik di Gerakan Pramuka yang akan terjun langsung berhadapan dengan peserta didik, khususnya adik-adik Pramuka berkebutuhan khusus, peserta KMD diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat serta pengetahuan Kepramukaan di sekolah atau pangkalan masing-masing.

Selain itu, Ka Kwarda berharap kepada peserta KMD yang nantinya menjadi Pembina dapat mengembangkan kemampuan peserta didik agar mandiri, berkarya serta mempunyai kreatifitas.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari calon Pembina Pramuka untuk mengembangkan potensinya, guna meningkatkan mutu penyelenggaraan program kegiatan peserta didik yang sesuai dengan aspirasi kaum muda dan perkembangan masyarakat dengan menerapkan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan secara efektif,” kata Kasiarudin.

Baca Juga :  Remaja Masjid Desa Pelantai Sambut Bulan Ramadhan Dengan Pawai obor

“Kemudian meningkatkan pembinaan anggota dewasa dalam Kepramukaan khususnya tersedianya Pembina Pramuka yang mahir dan bermotivasi tinggi dalam jumlah memadai agar tercipta kegiatan Kepramukaan yang berkualitas. Kami siap membantu Kakak-kakak semua. Kwarda Riau melalui Pusdiklatda Riau memiliki Pelatih-pelatih yang memiliki lisensi dalam melatih,” ujar mantan Kepala BPSDM Provinsi Riau ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau diwakili Kabid PKPLK Hendra Adi Nugraha SSTP MSi dalam sambutannya menyampaikan pendidikan kepramukaan di sekolah-sekolah berkebutuhan khusus saat ini dirasakan sangat perlu dan masih kekurangan Pembina Pramuka.

Beliau menambahkan secara bertahap Bidang PKPLK berencana akan melaksanakan kegiatan-kegiatan Kepramukaan bagi Gugusdepan yang berpangkalan di Sekolah Luar Biasa sehingga anak-anak yang berkebutuhan khusus merasakan pendidikan kepramukaan.

Baca Juga :  Memahami Langit

“Melalui kegiatan ini, saya berharap lahir Pembina-pembina Pramuka mahir sehingga peserta didik kita merasakan manfaat pendidikan kepramukaan, Kepada Kwartir Daerah Riau terutama dari Pusdiklatda, saya mengucapkan terimakasih atas bantuan dan kerjasamanya,” kata Hendra.

Hadir pada acara pembukaan Wakil Ketua Kwarda bidang pembinaan anggota dewasa Mahadar SPd MM, Tim Pelatih KMD, Panitia Pelaksana dan Peserta KMD. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *