Produk UMKM Natuna Dipamerkan dalam Ajang Dekra Fest 2023 di Tanjungpinang

Stand Dekranasda Natuna Panjangkan Produk UMKM

RiauKepri, NATUNA – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Natuna melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Natuna mengikuti kegiatan Dekra Fest 2023 Kemilau Wastra di Halaman Gedung Daerah, Tanjungpinang yang akan berlangsung dari tanggal 2 sampai 4 November 2023.

Ketua Dekranasda Kabupaten Natuna, Septi Dwiani Wan Siswandi menyampaikan, selain pameran produk-produk kerajinan dan kuliner akan dilaksanakan juga peragaan busana batik khas Natuna.

“Ada dua jenis desain yang akan diperagakan yaitu batik tikar dan motif ikan Napoleon,” ucapnya saat dihubungi Natuna Today, Kamis, 3 November 2023.

Baca Juga :  Jangan Abai, Bisa Terjadi Pelumpuhan Industrilisasi

Septi menambahkan, dalam peragaan busana batik khas Natuna, nantinya akan ditampilkan desain yang merupakan hasil karya dari dirinya sendiri desain lainnya yang mengusung wastra Kepri “Kumalayoe”.

Bahkan menurut istri Bupati Natuna itu rencananya dirinya bersama ketua Dekranasda Kabupaten Kota lainnya akan menjadi model dalam peragaan busana tersebut selain model-model lain.

Ia berharap dengan ikutnya Dekranasda Kabupaten Natuna dalam event tersebut dapat memperkenalkan batik Natuna yang saat ini sudah memiliki beragam motif tidak hanya motif tikar seperti yang selama ini dikenal.

“Untuk motif batik Natuna saat ini kita punya motif ikan Napoleon, cengkeh, dan masih banyak motif lainnya,” ucapnya.

Baca Juga :  Pemko Terima 150 Paket Sembako dari PT. Taspen

Selain itu, pameran hasil kerajinan serta kuliner oleh-oleh khas Natuna diharapkan dapat memancing daya tarik masyarakat untuk membeli dan menikmatinya, dengan harapan akan menambah serta memperluas pasar sehingga pada akhirnya dapat menambah pemasukan bagi masyarakat Natuna.

Terakhir Septi menegaskan bahwa pihak Dekranasda akan terus berupaya menjadi mitra yang serta pendamping yang baik bagi para pengrajin dan pelaku UMKM di Kabupaten Natuna.

Pihaknya terus melakukan pembinaan baik dari segi keterampilan maupun peningkatan kualitas produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM.

Baca Juga :  Pusat Siapkan Angaran Rp19 Miliar Untuk Bangun PLUT dan Sentra Keripik Singkong di Natuna

Kegiatannya meliputi bazaar kriya dan wastra dari Dekranasda 7 kabupaten/kota, bazaar organisasi wanita dan UMKM, bazaar wirausaha baru, bazaar kuliner dengan tajuk Singgah Jamah, penampilan seni dari Musika Nusantara, pemusik jalanan, sanggar seni tari Kota Tanjungpinang, fashion show dari designer kondang Provinsi Kepri dan launching wastra Kepri “Kumalayoe”. (RK11)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *