Enam Atlet Ski Air dan Wakeboard Batam Lolos PON 2024, Wali Kota Beri Motivasi

RiauKepri.com, BATAM – Sebanyak enam atlet Ski Air dan Wakebord asal Kota Batam lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 mendatang.

Ketua Persatuan Ski Air dan Wakeboard Indonesia (PSAWI) Kota Batam, Ardiwinata, mengampaikan, sejumlah persiapan menjelang PON tersebut sudah dilakukan. Bahkan, atlet Ski Air dan Wakeboad tersebut mendapat motivasi langsung dari Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Motivasi itu disampaikan saat acara penghargaan kepada olahragawan (atlet), Pembina olahragawan (pelatih dan manajer) yang berprestasi di Hotel Swisbell, Minggu (19/11/2023).

“Bapak Wali Kota Batam menyerahkan langsung hadiah bonus, dan kami pengurus dan atlit merasa bahagia dan termotivasi dapat bertemu langsung dengan Wali Kota Batam serta Ibu Wagub” ujarnya.

“Sebagai ketua (PSAWI Kota Batam) akan membina atlet 6 orang di antaranya sudah lolos untuk mengikuti PON di Sumatera Utara dan Aceh Tahun 2024,” tambahnya.

Ia berharap, Ski Air dan Wakebord di Kota Batam mendapatkan medali. Ia menyebutkan, satu atlet saudara Alex Hanafi bahkan akan mengikuti turnamen di Manado. “Turnamen Internasional di Manado ini merupakan pemanasan jelang PON di Aceh-Sumut 2024,” jelasnya.

Selain pencapaian prestasi, olahraga ini bisa menjadi daya tarik di sektor pariwisata. Ardiwinata yang juga sebagai Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam itu, akan mengemas olahraga tersebut hingga menjadi destinasi bagi wisatawan yang datang ke Batam.

Baca Juga :  Laporan Keuangan Pemko Batam, Raih WTP 10 Kali Berturut

“Kedepannya kita akan merencanakan event yang bisa mendatangkan atlet dari dalam dan luar negeri sehingga olahraga Ski Air dan Wakebord di Kota Batam dapat mensuport industri pariwisata dalam konteks sport tourism (wisata olahraga),” terangnya.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengapresiasi peran para atlet yang sudah mengharumkan nama Kota Batam.

“Apresiasi dan terima kasih saya sampaikan kepada semua atlet yang telah mengharumkan Kota Batam,” kata Rudi.

Disampaikan Rudi, Kota Batam memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan wisata olahraga atau sport tourism. Karena itu fasilitas olahraga harus lengkap agar, dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Saat ini pihaknya tengah mencari arsitektur untuk mendesain kawasan Temenggung Abdul Jamal. Pihaknya ingin benar-benar menjadi kawasan olahraga yang menarik.

“Kita ingin event-event olahraga internasional dapat diselenggarakan di Batam,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga mengajak agar terus menjaga persatuan dan kekompakan. Sehingga pembangunan Kota Batam menjadi kota baru yang modern dan maju dapat terlaksana sesuai dengan yg diharapkan.

Sementara itu, sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, mengungkapkan penghargaan tersebut diserahkan oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi bersama Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau.

Baca Juga :  349 Pasien Sembuh, Kasus Aktif Covid di Batam Jauh Melandai

“Tadi secara bersama-sama telah Kita serahkan penghargaan kepada insan olahraga di Kota Batam. Saya atas nama Wali Kota Batam, H. Muhammad Rudi, mengapresiasi dan berterimakasih kepada atlet, pelatih dan manajer yang telah mengharumkan nama Batam melalui prestasi olahraga yang diraih,” katanya bangga.

Selaku Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Batam, Ia mengungkapkan Pemko Batam telah menganggarkan bonus sebagai bentuk apresiasi melalui Perubahan APBD Tahun Anggaran 2023. Dipaparkannya bonus diberikan kepada seluruh atlet, pelatih, asisten pelatih dan manajer cabang olahraga (Cabor) yang berhasil memperoleh medali dan berprestasi mengharumkan nama Kota Batam pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) VIII Kepri Tahun 2022.

“Pada pelaksanaan POPDA, Kota Batam berhasil menjadi juara umum. Pada Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) V Kepri Tahun 2022 Kota Batam juga berhasil menjadi juara umum di Kabupaten Bintan. Ini merupakan satu prestasi yang membanggakan bagi masyarakat Kota Batam,” ucap Ketua Persatuan Sepak Takraw (PSTI) Kota Batam.

Pemko Batam melalui Dinas Kepemudaaan dan Olahraga Kota Batam memberikan apresiasi kepada 34 cabang olahraga pada pelaksanaan Porprov dan 8 cabang olahraga pada pelaksaan Popda. Untuk ajang Porprov V Kepri, Pemko Batam memberikan penghargaan kepada 430 atlet, 77 orang pelatih, 38 manajer dan 135 pengurus cabang olahraga. Sementara pada ajang Popda VIII Kepri penghargaan diberikan kepada 131 atlet, 30 pelatih, 8 manajer, 131 orang tua atlet Popda dan 40 orang pengurus cabang olahraga.

Baca Juga :  Jauhi Narkoba, Bangun Masa Depan Gemilang

“Total penghargaan diberikan kepada 1.020 orang yang terdiri dari atlet, pelatih, manajer, orang tua atlet Popda dan pengurus cabang olahraga. Semoga dengan adanya apresiasi ini dapat meningkatkan semangat dan menjadi motivasi bagi olahragawan di Kota Batam untuk meningkatkan prestasi olahraga di bidang cabang olahraganya masing-masing,” harapnya.

Wakil Gubernur Provinsi Kepri, Marlin Agustina mengapresiasi Pemko Batam yang telah memberikan perhatian kepada olahragawan, atlet dan manajer olahraga. Penghargaan ini sebagai reward dari Pemko Batam untuk meningkatkan prestasi atlet di Kota Batam.

“Tugas utama kalian adalah belajar, raih prestasi dan mimpi. Semangat terus jangan pernah berputus asa. Kalah menang hal yang biasa, jadikan itu sebagai evaluasi dan pengalaman dalam meningkatkan kemampuan berolahraga,” katanya menyemangati.(RK6)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *