Marching Band GPG SMPN 34 Batam Boyong 27 Piala IDCI di Tangerang

RiauKepri.com, BATAM – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Tri Wahyu Rubianto mengapresiasi atas prestasi yang ditorehkan Marching Band Gita Pratama Gemilang (GPG) SMPN 34 Batam yang berhasil menjadi juara pertama Indonesia Drum Corps International (IDCI), bertempat di stadion Benteng Reborn Tangerang City Indonesia, Banten. Marching band binaan Disdik ini memboyong 27 piala.

“Jelas mereka memberikan kebanggan bagi Kota Batam, dengan segala keterbatasan event pertama tingkat internasional di Tangerang cukup maksimal,” katanya.

Menurutnya, keberhasilan ini berkat para siswa yang rajin berlatih. Tak para siswa, wali murid bersama tim dari Marching Band GPG SMPN 34 Kota Batam mendukung dan bekerja sama dengan menyiapkan makanan untuk pemain saat sedang latihan.

“Kegiatan ini diikuti oleh kelas 8-9, mereka sudah bekerjasama dan berjuang latihan sampai malam,” terangnya.

Tak lupa, ia juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kota Batam, Muhammad Yunus yang berperan membentuk marching band. Ia juga menginformasikan, bersama Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata dan Ketua PDBI Kota Batam, Muhammad Yunus akan menyelenggarakan event marching band tahun 2024 mendatang. Rencananya kegiatan ini akan diikuti peserta marching band dari seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Nuryanto: Berkurban Mengajarkan Ketakwaan dan Keikhlasan

“Nanti Marching Band GPG SMPN 34 Kota Batam akan berkolaborasi dengan Bahana Barelang Drum Corps (BBDC) Binaan Disbudpar Kota Batam,” ucapnya.

Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata mengapresiasi atas keberhasilan dari Marching Band GPG SMPN 34 Kota Batam. Ia berharap perolehan ini menjadi semangat bagi anak-anak untuk berkarya lebih baik demi membawa nama Kota Batam ke tingkat nasional bahkan dunia.

“Anak-anak Batam semua hebat dan berprestasi. Lewat kerja keras, mereka berhasil mengharumkan Kota Batam di kanca internasional,” ucapnya.

Ardi mengaku bersama Disdik Kota Batam dan PDBI Kota Batam akan membuat kegiatan marching band. Kegiatan akan dikemas menarik sehingga bisa mendatangkan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Baca Juga :  Pemko Batam Apresiasi Pembangunan Masjid di Perumahan Yafindo Residence

Ketua PDBI Kota Batam, Muhammad Yunus menyebutkan, cabang yang diikuti GPG SMP N 34 Kota Batam yakni street parade senior, street parade challeng, drumbattle senior, drumbattle challenge, colour guard senior, colour guard challenge, soundsport senior, dan soundspory challenge. Adapun total penghargaan yang diraih sebanyak 27 piala.

“Kedepan kita akan terus meningkatkan prestasi marching band Kota Batam,” ucapnya.

Dalam waktu dekat ini, PDBI Kota Batam akan menggelar turnamen drumband se-Kota Batam sejalan dengan Sampena Hari Jadi Kota Batam pada 23-24 Desember 2023 mendatang. Selanjutnya, bersama Disbudpar Kota Batam akan menggelar kegiatan lomba marching Band internasional pada Bulan Juni atau Juli 2024.

Berikut ini hasil penghargaan yang diperoleh GPG SMP N 34 Kota Batam yakni kategori senior class, Street parade mendapat juara satu yakni 1st Best visual, 1st Best music, 1st Best costume, 1st best Majorette, 2nd best overall impression. Kemudian Drumline Battle mendapat juara satu dari 1st Best costume.

Baca Juga :  Akhirnya, Dualisme Kepemimpinan Batam Berakhir

Kemudian Flag Ansambel juara satu dari
1st Best costume. Lalu, Soundsport mendapat juara satu dari 1st Best effect, 1st Best music, 1st Best visual, 1st Best band major, 1st Best costume.

Kategori challenge class, drumline battle memperoleh juara dua dan soundsport juara dua yakni 2nd Best visual, 2nd best costume, 2nd best effect, 2nd best drum major, 3rd best music. Serta street parade yakni 1st best majorette, dan 1st best music.(RK6)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *