Deklarasi Pasangan Saibansah-Parna Menjadi Calon Ketua PWI Kepri dan Ketua DK

RiauKepri.com, BATAM – Setelah menyerahkan formulir dan berkas pendaftaran sebagai calon Ketua PWI Provinsi Kepri periode 2023-2028 dan Ketua Dewan Kehormatan (DK) PWI Kepri, pasangan Saibansah Dardani dan Parna Edison Simarmata menggelar deklarasi di Atoek Coffee Batam Center, Sabtu (9/12/2023).

Deklarasi ini menguatkan keseriusan Saibansah Dardani menjadi calon Ketua PWI Provinsi Kepri dan Parna Edison Simarmata sebagai calon Ketua Dewan Kehormatan (DK) PWI Kepri. Keduanya telah mendaftar ke Ketua Organizing Committee (OC) Konferprov V PWI Kepri, Dedy Suwadha didampingi Qori Ul Fitra, Jumat (8/12/2023).

“Kami sengaja menggelar deklarasi hari ini, setelah seluruh proses pendaftaran dan pengembalian berkas-berkas persyaratan kepada OC Konferprov V PWI Kepri,” ujar Pemimpin Redaksi BATAMTODAY.COM dan J5NEWSROOM.COM yang akrab disapa Cak Iban.

Ditambahkan Cak Iban, dirinya bersama dengan Parna telah berkoordinasi dan silaturahmi langsung dengan para wartawan senior-junior di Batam, Tanjungpinang dan Bintan. Juga bersilaturahmi via telepon dengan para wartawan di Karimun, Lingga, Anambas dan Natuna.

Baca Juga :  Polda Kepri Ungkap Jaringan Prostitusi Online Melalui Michat

“Alhamdulillah teman-teman wartawan senior dan junior telah memberikan dukungan dan amanah mereka kepada kami berdua untuk melanjutkan kepengurusan PWI Provinsi Kepri periode 2023-2028 mendatang,” ungkap Cak Iban yang sekarang ini menjadi ahli pers Dewan Pers itu.

Menjawab amanah tersebut, penguji UKW (Uji Kompetensi Wartawan) di Lembaga Uji UPN (Universitas Pembangunan Nasional) ‘Veteran’ Yogyakarta itu kemudian menyusun visi-misi yang akan menjadi guidance bagi program-program kerjanya selama lima tahun mendatang.

Visinya adalah: “Bersama Mengembalikan PWI Kepri Menjadi Organisasi Profesi yang Kompeten dan Profesional”.

Sedangkan misi yang akan dilaksanakannya sebagai berikut:

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan jurnalistik berkelanjutan untuk para anggota PWI Provinsi Kepri agar semakin kompeten dan profesional. Serta, menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bekerjasama dengan pemerintah daerah dan swasta.

Baca Juga :  Rudi Tinjau Progres Pembangunan Masjid Tanjak

2. Mengembangkan PWI Provinsi Kepri sebagai organisasi profesi wartawan yang berwibawa dengan merekrut anggota baru yang kompeten sebagai penerus keberlanjutan organsasi. Dan, memproses kembali kartu-kartu anggota PWI Provinsi Kepri yang telah habis masa berlakunya.

3. Membangun website PWI Provinsi Kepri berisi konten berita kegiatan organisasi, informasi dunia jurnalistik nasional dan internasional, peraturan-peraturan terkait pers dan data base anggota PWI Provinsi Kepri yang dilengkapi notifikasi sebulan sebelum kartu anggota berakhir masa berlakunya.

Sementara itu, Parna Edison Simarmata menambahkan, tantangan para wartawan mendatang semakin berat. Apalagi, di tengah berkembangnya industri pers platform digital yang ditingkahi dengan hadirnya ‘kecerdasan buatan’ alias AI (Artificial Intelligence). Beberapa pekerjaan wartawan sudah “diambil” oleh mesin AI. Untuk itu, wartawan dituntut lebih kompeten dan terus menerus mengembangkan skill serta wawasannya. Jika tidak, maka wartawan akan “tergilas” zaman.

Baca Juga :  Rudi dan Jefridin Semarakkan Perwara Vaganza 2.0

“Kami berdua telah sepakat untuk membuat visi PWI Kepri sejalan dengan visi dan misi pengurus PWI Pusat di bawah kepemimpinan Ketua Umum Hendry Ch Bangun. Yaitu, ingin mengembalikan PWI menjadi organisasi profesi yang fokus pada pendidikan dan meningkatkan profesionalisme anggotanya,” papar Parna yang sudah dua kali mengharumkan nama Provinsi Kepri dengan meraih prestasi di Porwanas (Pekan Olah Raga Wartawan Nasional) di Bandung Jawa Barat dan Malang Jawa Timur itu.

Di akhir deklarasi, Saibansah-Parna mengharapkan dukungan dari para wartawan di seluruh Provinsi Kepri agar memberikan dukungan untuk bersama-sama membenahi kembali PWI Provinsi Kepri ke depan. Demi membangun profesionalisme dan kompetensi para wartawan di Provinsi Kepri. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *