Antisipasi Pengungsi Rohingya, TNI AL bersama Polres dan Imigrasi Selatpanjang Telusuri Perairan Meranti

RiauKepri.com MERANTI – TNI Angkatan Laut dalam hal ini Posal Selatpanjang bersama Polres dan Imigrasi Kelas II TPI Selatpanjang
melaksanakan patroli jalur laut untuk memantau situasi perairan wilayah pesisir riau dalam rangka mengantisipasi kedatangan pengungsi Rohingya, Sabtu (06/01/2024).

Patroli dengan mengunakan Kapal Patroli Angkatan Laut Posal Selatpanjang tersebut langsung dipimpin oleh Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Kurnia Setyawan,S.H, S.I.K., dan didampingi oleh Danpos Angkatan Laut (AL) Selatpanjang Kapten Amrizal, Kabag Ops Polres Kompol Yudi Setyawan,SH.,MH., Kasat Reskrim Polres AKP AGD Simamora,S.H,.M.H., Kasat Polairud Polres IPTU Imbang Perdana,S.H., Kasi Inteldakim Imigrasi Selatpanjang Rianto, Personil Polres Meranti, Anggota Pos AL Selatpanjang, Anggota Kantor Imigrasi Selatpanjang.

Baca Juga :  Mengamuk di Mapolres Meranti, Seorang Warga Tewas Didor

Danposal Selatpanjang Kapten Laut P Amrizal dalam penyampaian mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan patroli gabungan dengan Polres dan Imigrasi Selatpanjang untuk menelusuri wilayah perairan Meranti terkait isu-isu pengungsi Rohingya sehingga kita perlu ikut turun memantau ke lapangan.

“Dari hasil perjalanan kita tadi tidak ada ditemukan tanda-tanda adanya kedatangan pengungsi Rohingya dan saat ini wilayah perairan Meranti bisa dikatakan masih aman,” katanya.

“Patroli laut ini merupakan wujud tanggungjawabnya terhadap kondusifitas keamanan di wilayah hukum Kepulauan Meranti, apalagi di tengah maraknya kedatangan pengungsi Rohingya di beberapa lokasi di Indonesia, kemudian tujuan dari kegiatan cooling system adalah untuk menjaga dan mencegah potensi gangguan kamtibmas dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat,” ucap Kapolres AKBP Kurnia Setyawan,SH.,S.I.K. saat diwawancarai Wartawan.

Baca Juga :  Atasi Penyebaran Covid-19 di Riau, Ini yang Dilakukan Gubri

Menurutnya, peningkatkan patroli ini untuk mengantispasi masuknya orang dari luar secara illegal juga tindak pidana lainnya seperti illegal fishing dan narkoba. Bukan hanya patroli yang terus ditingkatkan, mereka juga melakukan koordinasi ke beberapa pihak terutama di wilayah pulau padang (Kec. Merbau dan Kec Tasik Putri Puyu red.) Dan Patroli bersama ini bertujuan meningkatkan sinergitas antara Polri, TNI AL dan Imigrasi untuk bersama-sama mengamankan perairan Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Apabila ada tanda-tanda masuknya pengungsi Rohingya untuk sesegera mungkin menghubungi kami agar secepatnya bisa kami koordinasikan dengan instansi terkait lainnya untuk langsung terjun ke lokasi. Dengan kegiatan seperti ini dapat terjalin sinergitas antara Polri, TNI AL dan Imigrasi untuk bersama-sama mengamankan perairan di wilayah Kepulauan Meranti,” terang Kurnia Setyawan.

Baca Juga :  Pasca Diresmikan Kapolda Riau, Gerai Vaksin Center Polres Meranti Layani 1000 Lebih Warga

Selama giat patroli sinergitas berlangsung tidak ditemukan hal hal yang menganggu Kamtibmas dan tidak ada ditemukan pengungsi asal Rohingya di Perairan Kabupaten Kepulauan Meranti. (Aldo).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *