Pada Majlis Zikir LAMR, Diserukan Partisipasi Aktif Masyarakat dalam Pemilu

RiauKepri.com, PEKANBARU–Majelis Zikir bulanan Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) yang untuk bulan Januari 2024 dilaksanakan Selasa malam (16/01), diselingi dengan pembacaan seruan sejumlah komponen masyarakat untuk Pemilu 2024. Di antaranya berharap agar masyrakat berperan aktif dalam pesta demokrasi serentak yang dilaksanakan 14 Februari mendatang.

Seruan dibacakan oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian (Ketum DPH) LAMR Datuk Seri H. Taufik Ikram Jamil yang didampingi Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Riau KH Abdul Rahman Qoharuddin. Selain LAMR dan FKUB, seruan juga diikuti oleh Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI), Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Riau, Ikatan Keluarga Masjid Indonesia (IKMI) Riau, dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau.

Dalam seruan itu dinyatakan, masyarakat diminta berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2024 sesuai dengan ketentuan Undang-Undang dan Peraturan yang berlaku.

Baca Juga :  Persiapan Panitia HUT Ke-58 Golkar Tingkat Provinsi Riau dan Konsolidasi Fungsionaris Sudah Matang

Selain itu, semua pihak , menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dan budaya Melayu dengan menghargai perbedaan sebagaimana dalam Tunjuk Ajar Melayu yang menyatakan, “kawan sama dipadan, sahabat sama disuka, saudara sama dibela, dan yang kalah tidak diludah, yang lesi tidak dicaci,  yang menang tidak jumawa”.

Diminta juga agar semua pihak menjaga dan menahan diri untuk tidak membuat dan/atau menyebarkan konten yang berpotensi menimbulkan keresahan atau konflik di masyarakat, yang dalam tatanan adat Melayu dipesankan; “fitnah jangan dijamah, dengki jangan dititi, khianat jangan diangkat”.

Diikuti sekitar 200 orang peserta, Majelis Zikir itu sendiri diawali dengan sholat Isya berjemaah. Tampil memberikan syarahan adalah Dr Maghfiroh, M. A., sedangkan zikir dipimpim oleh Habib Muhammad bin Haidar Syahab dari Majelis Ta’lim Baitul Habib wadDa’wah Pekanbaru. (RK3)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *