Helat Seni Budaya Melayu di Telukbelitung Ditutup, Tahun Depan Akan Libatkan 3 Kabupaten

RiauKepri.com, MERANTI– Setelah tiga hari pelaksanaan helat seni budaya yang ditaja Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kamis malam (18/01/2023), ditutup Camat Merbau Nazir. Sebelumnya dibuka Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) Kabupaten Kepulauan Meranti, Datuk Seri Darwis.

Dalam sambutannya, Nazir mengucapkan sangat mengapresiasi kegiatan LAMR Kecamatan Merbau ini, karena sebuah upaya melestarikan seni budaya Melayu. “Bagi yang menang janganlah bangga, dan yang kalah dalam lomba ini hendaklah banyak belajar lagi dan jadikan hal ini sebuah motivasi agar menjadi yang terbaik,” ucap Nazir.

Pada kesempatan itu, Nazir juga mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan rasa cinta terhadap seni dan budaya Melayu. Kedepan seni budaya serta adat Melayu ini dapat diperkenalkan kepada anak-anak.

Baca Juga :  Keuangan Riau Masuk Level Kemandirian Fiskal

“Kegiatan positif ini, perlu kita dukung agar tahun berikutnya lebih besar lagi. Wujud nyata masyarakat Telukbelitung cinta terhadap Melayu, hal ini dapat kita lihat dari antusiasnya masyarakat datang menonton meskipun petang tadi hujan lebat,” ucap Nazir.

Sebelumnya, Ketua DPH LAMR Kecamatan Merbau Datuk Seri Syafruddin, dalam sambutannya mengatakan, para peserta hendaknya jangan memandang dari nilai hadiah tapi pandanglah rasa kebersamaan dan upaya semua pihak dalam mengangkat seni budaya Melayu.

“Kalau dipandang dari hadiahnya, jelas tak sebanding dengan jumlah peserta dan biaya produksi peserta. Tahun depan Insya Allah program ini dilaksanakan juga karena ini merupakan program tahunan LAMR Kecamatan Merbau, dan kami akan melibatkan tiga kabupaten yakni, Kabupaten Kepulauan Meranti, Siak, dan Bengkalis. Terkait hal ini, perlu dukungan semua pihak sehingga hal ini benar-benar terwujud dan lebih megah lagi dari hari ini,” harap DS Syafruddin.

Baca Juga :  Mantan Wakil Bupati Bengkalis Itu pun Ditahan

Malam penutupan helat seni budaya yang ditaja LAMR Kecamatan Merbau bersempena milad ke-15 Kabupaten Kepulauan Meranti ini, dihibur dengan Ketua Umum Dewan Kesenian Riau (DKR) Taufik Hidayat alias Atan Lasak yang membawakan lagu ciptaannya berjudul “Zapin Telukbelitung.” Tampak juga hadir Upika Kecamatan Merbau, dari Humas PT EMP ITA Arip Hidayatullah.

Adapun seni budaya Melayu yang dilombakan yakni, Kompang, Zapin Tradisi, dan lagu Pop 60-an. Adapun juara dalam lomba ini sebagai berikut:

Juara Kompang:
Juara 3: Group Kompang Al-sakinah, Desa Mengkopot, Kecamatan Tasik Putri Puyu

Baca Juga :  Program Padat Karya Mangrove KLHK Serap 35 Ribu Lebih Pekerja

Juara 2: Group Al Ridho, Desa Pedas, Bagan Melibur.

Juara 1: Group Kompang Al-Huda, Desa Mekar Sari.

Zapin Tradisi
Juara 3: Sanggar Darul Ikhsan, Telukbelitung.

Juara 2: PKK Kelurahan Telukbelitung

Juara 1: Sangar Seni Kempas, Pulau Merbau.

Lagu Pop 60-an
Putra

Juara 3: Sutan, Telukbelitung.
Juara 2: Khairudin, Pulau Merbau.
Juara 1: Satriadi, Telukbelitung

Lagu Pop 60-an
Putri.

Juara 3: Suriana, Meranti Bunting
Juara 2: Juita, Telukbelitung.
Juara 1: Seri Utami, Pulau Merbau. (RK1)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *