Seniman India Tampilkan Pertunjukan Budaya di Batam, Rayakan 75 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-India

RiauKepri.com, BATAM – Konsulat Jenderal India di Medan menggandeng Pemerintah Kota (Pemko) Batam dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam akan menyelenggarakan pertunjukan seni budaya di Kota Batam untuk merayakan 75 tahun hubungan diplomatik India-Indonesia.

Adapun, seniman yang akan tampil di acara ini adalah kelompok seni budaya India bernama Gunjan Dance Academy yang akan menghibur pengunjung acara di Kasta Cafe Tembesi di Jalan R Soeprapto, Batuaji, Kota Batam, Minggu (28/1/2024) malam mulai pukul 19.00 WIB. Selain itu, kelompok seni budaya Indonesia dari Batam dan komunitas India di Batam, juga akan menyajikan pertunjukan budaya selama acara berlangsung.

“Acara ini terbuka untuk semua kalangan, dan akan memberikan pengalaman unik kepada semua yang menghadiri acara ini,” ujar Konjen India di Medan, Shubham Singh, saat menggelar konferensi pers secara virtual, Senin (15/1/2024).

Baca Juga :  Nyat Kadir Kembali Bantu Boad Anak Sekolah Hinterland

Menurutnya, acara ini diperkirakan bakal dihadiri sekitar 300 orang, termasuk pejabat pemerintah di wilayah Kepulauan Riau (Kepri), termasuk Kota Batam, kemudian para rektor, warga asing, mahasiswa, serta terbuka untuk masyarakat umum. Selain itu, Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste, Sandeep Chakravorty, juga akan memeriahkan perayaan ini.

“Acara ini diadakan untuk menekankan ikatan budaya yang berlangsung, serta kuatnya hubungan diplomatik antara India dan Indonesia,” terangnya.

Adapun, penampil yang akan menghibur pengunjung yakni Gunjan Dance Academy, kelompok seni yang dikonsep oleh Guru Smt. Meera Das, seorang eksponen Odissi terkemuka saat ini. Mereka memulai perjalanan tariannya pada usia muda di Odissi Research Centre, India.

“Pengalamannya membawanya tampil solo dalam berbagai festival di seluruh negeri (India) dan di hampir 62 negara di seluruh dunia,” jelasnya.

Baca Juga :  Perdana, Batam Ekspor Kepiting Bakau ke China

Selain di Batam, Konsulat Jenderal India juga mengadakan rangkaian acara lainnya di Medan untuk memperingati Hari Hindi Sedunia dan Jubileum 75 tahun hubungan diplomatik kedua negara tersebut. Antara lain acara “Malam Karnaval Bollywood” yang digelar pada Sabtu (20/1/2024) di Medan Club, Jalan R.A Kartini Nomor 36, Kota Medan.

Acara ini terbuka untuk umum dan menampilkan band musik live, pertunjukan tari oleh Irma Kusuma Dewi, pencipta & pendiri Bolly’D®️ dari Jakarta. Karnaval ini juga akan memiliki berbagai stan makanan, stan seni tubuh, dan stan berbasis kesehatan. Acara ini diselenggarakan bekerja sama dengan Pemerintah Sumatra Utara.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Batam, Ardiwinata, mengapresiasi rencana Konsulat Jenderal India di Medan menggelar pertunjukan seni budaya India di Kota Batam. Menurutnya, selain menguatkan hubungan diplomatik, acara ini juga menandai kolaborasi di bidang budaya. Terlebih, di Batam juga terdapat banyak komunitas warga India.

Baca Juga :  Investment Forum Regional Sumatera, Rudi Jamin Kemudahan Berinvestasi di Batam

“Kami beberapa kali bekerja sama dengan saudara kita dari komunitas India di Batam. Ketika Konsulat Jenderal India di Medan mau mengadakan acara di Batam, tentu kami menyambut terbuka,” ujar Kepala Dinas.

Ardi, panggilan akrabnya, berharap acara pertunjukan budaya di Batam ini juga mampu menjadi daya tarik baru bagi wisatawan, terutama wisatawan mancanegara (wisman) keturunan India dari negara tetangga, Singapura dan Malaysia, maupun wisman asal India secara langsung.

“Semoga dengan makin banyaknya acara budaya maupun kolaborasi yang mendatangkan penampil internasional seperti ini, makin menambah atraksi wisata di Kota Batam,” tutupnya. (RK6)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *