Sinergitas Polres Rohil dengan Disdukcapil dan KPU, WBP Lapas II Bagansiapiapi Ikut Memilih dan Dukung Pemilu Damai 2024

RiauKepri. com, ROHIL – Polres Rohil melalui Sat Binmas melakukan koordinasi dengan Kadisdukcapil, komisioner KPU Daerah Kabupaten, Serta sejumlah Warga Binaan Pemasyarakatan ( WBP).

Yany ada di Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas ) II Bagansiapiapi, dalam menggunakan hak pilih serta dapat dukungan pemilu damai tahun 2024.

Hasil sinergitas Polres Rohil dengan pihak terkait tercipta setelah diadakan audiensi membahas tentang hak suara untuk memilih bagi warga Lapas atau rutan, Warga binaan yang belum masuk DPT, DPTB dan DPK.

Kegiatan tersebut di laksanakan pada hari Selasa 22 Januari 2024. Pukul 10.00 WIB. Bertempat di Ruangan Ketua KPU Kabupaten Rokan Hilir.

Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto SH SIK MSi, melalui plh Kasi Humas Polres Rohil Iptu Yulanda Alvaleri S Trk . M M. menjelaskan.

Telah dilakukan rapat koordinasi terkait warga Lapas atau rutan yang belum masuk DPT, DPTB dan DPK dengan Ketua, Komisioner KPU, Kepala Disdukcapil dan Kasubag Data Lapas Kelas II Kabupaten Rokan Hilir.

Baca Juga :  Terima Laporan, Gubernur Syamsuar Langsung Tinjau Jalan di Sinaboi, Seminggu Selesai Perbaikan

Hasil yang disepakati dimana, dari tanggal 14 Januari sampai dengan 14 Pebruari 2024 tidak ada pengiriman tahanan atau perpindahan tahanan antar lapas atau rutan, kecuali pengiriman dari aparat penegak hukum.

Untuk diketahui, Data penghuni Lapas atau Rutan di Kabupaten Rokan Hilir saat ini berjumlah 973 Orang. Tahanan yang ada memiliki NIK dan ada KTP- E, sebanyak 195 orang, Napi yang ada memiliki NIK dan KTP-El sebanyak 726 orang. Dan tahanan yang tidak ada memiliki NIK dan KTP-El sebanyak 43 orang, serta Napi yang tidak ada memiliki NIK dan KTP-El sebanyak 9 orang.

Terkonfirmasi DPT Awal 604 dan DPT Saat ini 282 orang, jumlah Keluar dari Lapas 323 Orang dan Jumlah Pegawai Lapas yang pindah memilih di Lapas 39 Orang, ditambah
Jumlah DPTb baru sebanyak 221 Orang. Maka
dari data di atas ada terdapat 104 Warga binaan lapas tidak memiliki identitas.

Baca Juga :  Dari Warung Bu De, Terpasak Tekat Menangkan PAS di Negeri Seribu Kubah

Selanjutnya disepakati mengambil kebijakan yang tetap sesuai dengan prosedur dan aturan, dimana Disduk Capil akan melaksanakan rekaman Mata Geometrik terhadap warga lapas tidak memiliki identitas, Bagi yang belum pernah melakukan perekaman akan kita buat data baru sebagai warga Lapas Kelas II bagan Siapiapi untuk sementara dan Bagi yang sudah pernah melakukan perekaman dan mempunyai data akan kita prinkan identitas saat itu juga,” jelas Iptu Yulanda Alvaleri.

Dalam hal ini, dijadwalkan akan melakukan perekaman bagi warga binaan Lapas dilaksanakan oleh KPU dan Disdukcapil Kabupaten Rokan Hilir pada hari Sabtu tanggal 28 Januari 2024. Adapun koordinasi ini dilakukan atas pertimbangan Bapak Kapolres Rohil bahwa Pemilihan umum adalah hak dan tanggung jawab setiap warga negara, termasuk bagi Warga Binaan yang sedang menjalani pembinaan di Lapas. Menyadari pentingnya demokrasi dan partisipasi dalam proses demokratis, dan kita memastikan terfasilitasinya hak suara mereka bisa diakui dan dilindungi dengan baik.

Baca Juga :  Ikut Pikul Tongkang, Ini Kesan Dirasakan Syamsuar

Dan dengan ini diharapkan upaya untuk mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif dalam pemilu pileg dan pilpres, dapat terwujud, di dukung bahwa para WBP juga siap mewujudkan dan mendukung pemilu damai” imbuhnya. Rls.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *