KSM dan Batam Wonderfood & Art Ramadhan Masuk KEN 2024, Jadi Magnet Kunjungan Wisatawan

RiauKepri.com, BATAM – Sebanyak empat event di Kepri masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024. Dari empat event ini, dua di antaranya merupakan event yang berada di Kota Batam.

Se-Indonesia, total ada 110 event yang masuk dalam KEN 2024 dan sudah diluncurkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno di Jakarta, Sabtu 27 Januari 2024 malam.

Adapun, empat event yang berasal dari Provinsi Kepulauan Riau sendiri yakni Kenduri Seni Melayu (KSM) (Batam), Batam Wonderfood & Art Ramadhan (Batam), Tanjungpinang Fest (Tanjungpinang), dan Padang Melang Internasional Folklore Festival (Anambas).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, mengapresiasi Menteri Sandiaga Uno bersama para kurator yang sudah memilih dua event dari Batam masuk dalam KEN 2024.

Baca Juga :  Sedih, Ini Kisah Anak Yatim dan Pemulung Lolos Jadi Casis Seba SPN Polda Kepri

“Dengan masuk KEN 2024, event asal Batam ikut dipromosikan oleh Pemerintah Pusat dan menjadi prioritas. Untuk pergelaran tahun 2024, event ini (dua event asal Batam), akan kami kemas dengan baik,” ujar Ardiwinata.

Ardi mengungkapkan, dua event asal Batam seperti KSM sudah berlangsung sejak lama dan terus digelar setiap tahunnya. Kemudian, untuk Batam Wonderfood & Art Ramadhan juga sudah berlangsung setiap tahun untuk mengisi event sepanjang bulan puasa di Batam.

“Dalam event ini, banyak dikunjungi wisatawan dan berbagai kegiatan digelar dalam event tahunan di Batam ini. Sebelumnya, Menparekraf, Sandiaga Salahudin Uno, berkesempatan membuka secara resmi Batam Wonderfood & Art Ramadhan di Taman Dang Anom pada 2022 silam,” ujar Ardi.

Ia juga mengatakan, suksesnya event-event di Batam juga atas dorongan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. Ardi menyampaikan apresiasi atas dukungan semua pihak, termasuk semua pelaku pariwisata di Batam.

Baca Juga :  Jadwal Sembako Murah di Batam Jelang Ramadan

“Ini upaya bersama dalam memajukan pariwisata Kota Batam,” katanya.

Sementara itu, Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno, saat meluncurkan KEN 2024, mengharapkan bahwa event-event yang diluncurkan menjadi magnet bagi wisatawan dan hingga terbukanya lapangan peke jalan dan meningkatkan pergerakan ekonomi.

“Kami harap akan ada pergerakan ekonomi mencapai 20-25 persen sepanjang pegelaran KEN 2024,” ujarnya.

Bahkan, Menteri Sandi menargetkan kunjungan wisata sepanjang penyelenggaraan KEN 2024 mampu mencapai 10 juta kunjungan. Untuk itu, pihaknya akan bergerak mempromosikan event-event yang masuk dalam KEN 2024 dengan harapan kunjungan wisata dapat merata ke semua perhelatan.

“Dari sisi kualitas event yang masuk KEN 2024, kami telah menyiapkan tim kurator yang ahli pada bidangnya masing-masing, sehingga event yang digelar mampu menghadirkan kualitas yang bagus,” kata dia.

Baca Juga :  Turnamen sepakbola veteran Usia 40 Tahun Kecamatan Belakang Padang Dibuka

Di acara sama, melalui ruang video, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap event yang tergabung KEN 2024 menjadi magnet kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman).

Dirinya juga mendorong, melalui program strategis Kemenparekraf ini, wisawatan tak hanya menikmati keindahan alam Indonesia saja, namun juga menikmati keragaman budaya.

“Saya mengapresiasi penyelenggaraan 110 event dalam KEN yang secara konsisten mempromosikan keindahan destinasi wisata dan keunikan budaya bangsa kita, semoga event dapat menjadi magnet bagi wisatawan dalam negeri dan wisatawan mancanegara,” ujar Jokowi.(RK6)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *