Kadin Dumai Gelar Rapat Persiapan Perdagangan RoRo Dumai-Malaka

RiauKepri.com, DUMAI- Pengoperasian angkutan penyeberangan RoRo Dumai- Malaka terus digesa. Itu sebabnya tim Persiapan Penyelenggaraan Angkutan Penyeberangan (Roll on-Roll off (RoRo) Dumai – Malaka, berupaya keras bagaimana agar Roro segera beroperasi

Untuk itu pula Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Dumai menggelar rapat guna mempersiapkan diri dalam menghadapi perdagangan melalui jalur RoRo Dumai-Malaka tersebut.

Ketua Kadin Dumai Zulfan Ismaini menjelaskan, untuk kesiapan melalui sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kadin melakukan upaya sosialisasi tentang ekspor bagi pelaku usaha.

Baca Juga :  RoRo Dumai-Malaka Beroperasi, Ini 71 Komoditi yang Boleh Diangkut

“Sosialisasi ini untuk meningkatkan daya saing, agar pelaku UMKM bisa bersaing dengan pelaku perdagangan dari Malaysia, ” jelas Zulfan Ismaini kepada riaukepri.com melalui aplikasi WA Selasa (24/09/19)

Berdasarkan data dari Balai Karantina Kelas I Pekanbaru, Provinsi Riau masuk peringkat keempat dalam hal ekspor di Indonesia.

Prestasi tersebut diyakini akan meningkat sejalan dimulainya penyeberangan RoRo Dumai – Malaka yang rencananya beroperasi akhir 2020.

“Untuk itu Kadin Dumai dan pengusaha lokal yang ada di Dumai harus mempersiapkan diri akan hadir nya RoRo Dumai Malaka,” ujarnya.

Baca Juga :  Tim Riset Unilak Barhasil Menciptakan Aplikasi Parameter Wisata Halal Pertama di Indonesia

Menurut Zulfan Ismaini pihaknya akan membentuk Tim Perdagangan Internasional RoRo Dumai-Malaka.

“Tim perdagangan ini sekaligus dijadikan sebagai program kerja Kadin kedepan,” ungkapnya.

Keterangan yang berhasil dihimpun di Dumai menyebutkan ada sebanyak 71 komoditi yang potensial dieksport melalui RoRo Dumai-Malaka.

Diantaranya komoditi pertanian 56 jenis dan komodity perikanan 15 jenis. (RK13)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *